Wednesday, 11 February 2015

Hal hal sepele yang membuat anda bisa bangga memakai Baleno lawas

Baleno DX atau sering disebut Maruti Baleno di Asia Selatan merupakan mobil sedan compact yang cukup berjaya dimasanya. Bodi yang cukup unik dipadu dengan mesin yang bandel dan dilengkapi dengan fitur menarik membuat baleno ini cukup digemari. Di Indonesia Baleno sendiri terakhir di produksi tahun 2002 dan digantikan oleh adiknya, Baleno next G yang konon malah kurang disukai para konsumen. Di India dan negara2 Asia Selatan, Maruti bahkan memproduksi mobil ini hingga tahun 2005-2006. 

Kini setelah 12 tahun pasca dihentikannya produksi si baleno, mobil ini menjadi biasa saja dan tampak kurang menarik bila dibandingkan dengan mobil2 masa kini. Namun ada baiknya kita sebagai pemakai baleno (baik bagi yang memang cinta mati maupun emang g ada pilihan (warisan, g punya dana buat ganti)) untuk mencermati beberapa kelebihan baleno yang tentunya bisa membuat kita makin bangga, makin cinta dan makin sayang dengan si baleno ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dari baleno:

Mesin SOHC 

Pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa SOHC dibanggakan, bukannya sekarang jaman canggih yang mengagung agungkan DOHC? Sabar bro.. nanti saya jelasin. 
Baleno ini menggunakan mesin G15A/G15B (saya g tau bedanya cuma di mobil saya nomor mesinnya ada tulisan xxxxg15bxxxx)  mesin ini dipakai pertama kali tahun 1995 di baleno generasi awal dan masih dipakai hingga sekarang oleh APV. Intinya mesin ini masih reliable dan sangat layak untuk dipakai, terbukti ketangguhannya melewati zaman yang udah hampir 20 tahunan (tepatnya 19 tahun koma sekian bulan) dan masih dipercaya suzuki untuk menjadi dapur pacu sebuah mobil produksi terkini (kalau g mau disebut mesin ketinggalan jaman dan suzuki emang pelit buat riset... hehe itu terserah anda mau memandang dari sudut yang mana....). 
Beralih ke soal SOHC, memang mesin modern sekarang rata-rata memakai DOHC karena memang akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan memang irit karena sudah dilengkapi dengan teknologi  variable valve timing (pengaturan bukaan klep secara otomatis mengikuti putaran mesin contoh: suzuki dengan VVT, Toyota dengan VVT-i, Honda dengan I-VTEC, Chevy dengan VCD de el el...) tapi kalau bicara soal torsi, SOHC jagonya. Mesin SOHC akan  lebih cepat mencapai torsi puncak di putaran yang lebih rendah. untuk aplikasi sehari2, terutama di dalam kota yang cenderung stop and go, tentunya ini akan lebih sesuai dan membuat konsumsi bbm lebih irit (beda urusan kalau sampeyan hobi kebut2an kecepatan tinggi d jalan tol). Mesin SOHC juga lebih ramping karena hanya memakai satu camshaft sehingga mesin lebih enteng untuk diputar, hal ini tentu mendukung irit bbm juga. (teorinya gitu..).  Karena konstruksinya, mesin SOHC agak susah di untuk dilengkapi dengan teknologi  variable valve timing, mungkin ini kelemahan mesin tipe ini terutama yang diaplikasikan di baleno. Namun bila produsen memang niat untuk memasang teknologi ini di mesin SOHC maka mesin ini bisa berubah jadi monster yang mengerikan. Sebagai contoh di kelas mobil dengan kapasitas 1500 cc di Indonesia, Honda (jazz, City) mempunyai mesin yang berdaya paling besar dan memiliki torsi yang cukup bagus padahal mobil tersebut hanya mengandalkan mesin SOHC yang dilengkapi dengan VTEC ataupun I-VTEC yang bahkan mesin DOHC milik toyotapun tak bisa menyainginya.


Heater.

Ini Sebenarnya fitur penting-penting g penting sih...orang kita hidup di negara tropis. Namun kadang-kadang fitur ini berguna juga, saya pernah suatu kali pulang dari bogor  menuju tangerang dengan kondisi Hujan deras, jarak pandang terbatas dan muaceeettt.... disini pertama kalinya dan terakhir kalinya dan satu-satunya saya punya kesempatan untuk mengaktifkan fitur ini. sumpeh nyaman banget.. mobil jadi anget..... Lebih lagi dengan adanya heater mobil jadi berkesan lux, mahal gitu... (hehe.. itu personal opinion sih..)

ini penampakannya.. kalau tuas yang kiri bawah digeser ke kanan sampai tanda merah, maka heater akan aktif. Rata-rata mobil suzuki ada fitur ini. setahu sayaSwift dan SX4 juga memakainya.

Open Loop Injection System






ini yang bikin enak pake baleno.. mau irit atau bertenaga bisa disetel manual pake potensio yang letaknya di bawah setir. potensio ini berfungsi untuk mengatur perbandingan campuran antara udara dan bensin pada waktu iddle. perbandingan ini juga yang akan digunakan sebagai base penghitungan dalam proses pembakaran. saya akan menjelaskan cara menyetelnya di postingan yang lain.


Asbak

ini dia nih.. khusus buat para perokok, mobil ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan terutama bagi penumpang belakang. Baleno dilengkapi dengan asbak kecil pada bagian belakang konsol tengah. Mobil murah meriah rasa mewah.. hahaha serasa jadi boss dah duduk di kursi belakang baleno



Wiper Interval

Nah yang ini jarang ada yang tahu nih.. Baleno mempunyai wiper interval time sebanyak 9 percepatan.. bayangin.. 9, sembilan, nine, songo... (WTF). Mobil laen aja paling mentok punya 5 percepatan intervalnya. Saya sendiri ampe bingung ketika mengetahuinya dan yang jelas g bakal saya pake semua lah.. hehe paling yg paling pelan, tengah ama yang paling cepat intervalnya.




haha.. gimana, sudah berbangga hatikah memiliki baleno? kalau belum ya dibangga-banggain dah... orang itu mobil kita,, hehe

sekian
=============

171 comments:

  1. Thanks Om untuk ulasan Baleno di Blog Anda.
    Cerita dulu ya, mengenai Baleno 2000 Milenium saya. Saya beli dari baru sampai sekarang belum ganti mobil. Ini mobil ketiga yang saya punya, dan sampai sekarang belum ganti lagi.
    Pada kurun waktu pemakaian saya pernah nambah dua merek mobil yaitu Starlet dan Visto. Tapi Baleno tetap saya pegang hingga KM mencapai 200.000. Bukan karena apa Om, pertama saya ga main mobil lah, sudah pension sekarang. Itu yang pertama
    Pada saat itu anak sulung saya masuk kuliah Kedokteran dan adiknya masuk kuliah hingga beberapa tahun kemudian dia sudah praktek, kayanya duit masuk semua ke pendidikan termasuk memberi mereka fasilitas transport. Dan ketika mereka selesai dan ada dana lebih kayanya jadi sayang melepas mobil ini dengan asumsi sekarang satu tahun kehilangan depresiasi mobil diatas harga seratus juta bisa hilang minimal 5 jutaan pertahunnya. Depresiasi duit jadi alasan kedua, maklum pensiunan.
    Last but not least, mobil menurut saya masih layak pakai terbukti luar kota masih enak walau ada satu penyakit, yaitu temperature naik, kalau nanjak panjang, tetapi untuk jarak jauh datar atau macet parah-pun, temperature OK. Mungkin Om punya tips untuk mengatasi hal ini?
    Mengenai pengaturan potensio yang ada dalam kabin untuk pengaturan O2, saya punya pengalaman kutak katik potensio ini hingga susah mengembalikan ke normal. Akibatnya knalpot yang ujungnya bersih menjadi berkarbon dan kotor. Perlu diketahui bahwa potensio AVR bukan putar langsung satu kali drive mentok, tetapi potensio ini adalah Variabel Resistor Stepper. Ia bergeser pada karbonnya ujung ke ujung melalui banyak sekali putaran 180 derajat yang berulang ulang. (wah nggak bisa nggambar untuk comentnya, ya!!)
    Untuk mengembalikan ke normal dan sekarang sudah OK adalah dengan cara berikut. Asumsinya adalah posisi resistansi ada ditengah antara 0 hingga 50KiloOhm. Maka lepas dulu potensio dan tempatkan ditengah skala dan nilainya sekitar 25KOhm. Done!! Sekarang knalpot bersih dan busi putih kembali.
    Oh, ya. Perubahan yang dilakukan adalah dengan menambah tuas pengenteng kopling, itu saja.
    Salam dari Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry om, telat reply.. belakangan saya sibuk jadi g sempat cek blog ini. untuk temperature yg panas ketika nanjak kira2 seberapa ya om (diukur dari meteran suhu di deket speedo) apakah sampai full?
      untuk masalah potensio sebenarnya bisa diukur via voltase om.. saya sebenarnya sudah draft postingan tentang potensio adjuster (khusus baleno yak), namun foto belum sempat saya upload (masih di kamera) dan sekali lagi karna emang lagi sibuk jadi belum sempat diposting hehehe.
      kalau emang berminat diskusi silahkan kontak saya via email boleh om, kebetulan saya juga domisili di bekasi.

      salam

      Delete
    2. Mohon pencerahan cara mensetting Open Loop Injection System nya om..Baleno saya matic 2001..Hatur nuhun sebelumnya.

      Delete
    3. Maap om dede, saya lagi di luar negeri sehingga belum bisa posting terkait hal tsb. Sebenarnya artikel sudah selesai namun karena belum sempat ambil photo (biar jelas gitu) ya belum saya posting di mari.

      Delete
    4. Malam bg ..
      Sy baru pakai Baleno 2001..
      Udah masuk bgkel ..
      Sblm da sesuda masuk bgkel , ad satu masalah yg mekanik ny blg "Baleno mmg GT bg"..hehe
      Mohon pencerahan bg .. kalau lagi jalan ..apa semua Baleno pasti ad nyendat2 GT sekali2 ..
      Terus kl stir agak2 bawa ke kiri , apa harus dipasang baut Chamber ya ? Krna katanya Baleno it ga punya Chamber ..
      Hahaha ..sy kurang paham bg ..
      Mohon pencerahan bg ..
      Terimakasih ...

      Delete
    5. Malam bg ..
      Sy baru pakai Baleno 2001..
      Udah masuk bgkel ..
      Sblm da sesuda masuk bgkel , ad satu masalah yg mekanik ny blg "Baleno mmg GT bg"..hehe
      Mohon pencerahan bg .. kalau lagi jalan ..apa semua Baleno pasti ad nyendat2 GT sekali2 ..
      Terus kl stir agak2 bawa ke kiri , apa harus dipasang baut Chamber ya ? Krna katanya Baleno it ga punya Chamber ..
      Hahaha ..sy kurang paham bg ..
      Mohon pencerahan bg ..
      Terimakasih ...

      Delete
  2. mohon pencerahan'y om.
    Baleno saya kalo lari diatas 100km/jam, pas injak pedal rem terasa goyang dan bergetar..

    thanks regards
    Arif dari Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bergetarnya "cuma pas rem di injak", berarti piringan rem (disc brake) nya sudah bergelombang om. Bisa dibawa ke tukang bubut untuk diratakan kalau belum parah. Namun akan lebih baik lagi jika ganti disc nya, supaya lebih safe.

      Delete
    2. Om.mohon bantuan nya.Saya ada baleno thn 2000.bermasalah dg rem selalu macet.padahal master,sil belakang n kaliper rem uda ganti.tapi tetap aja macet.

      Delete
  3. Om admin...ci adjuster milik saya sepertinya sdh rusak krn diputar berapa kali pun nilai tahanannya tidak berubah, baleno saya terlihat boris minyak. Penyetelan co ini mungkn ada pengaruhnya.
    Om ada saran tempat penjual co adjuster baleno? Td barusan tanya diberes harganya gak masuk akal 350 rb...

    ReplyDelete
  4. Di cek saja dulu om, kan di potensio ada 3 kaki, siapa tahu om salah colok jadi hambatannya tak berubah. yang harus dicolok adalah di kaki tempat arus masuk dan arus keluar menuju ECU. jangan salah nyolok ke kaki yg bermuatan negatif

    Pada dasarnya potensio adjuster tersebut adalah variable resistor (mirip dengan potensio di radio) dengan besaran hambatan 0-50 K ohm (mohon dikoreksi kalau saya salah) mengacu pada hal tersebut maka bisa saja kalau diganti dengan variable resistor biasa yg berkaki 3 dan mempunyai nilai hambatan yg sama. bisa di beli di toko alat elektro terdekat di kota anda dengan harga yg saya yakin g sampai 10 ribu rupiah. ya tapi mungkin bentuknya agak aneh meskipun saya yakin bisa berfungsai normal.


    untuk cek harga spare part bisa disini saja http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx
    untuk baleno memang sudah tidak ada, namun sebagian besar part mesin bisa memakai APV karena mesinnya sama ( G15)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal om.
    Om rumahnya di bekasi ya. Boleh ga saya minta di cek mobil baleno 2000 saya. Ntar saya kerumah gan

    ReplyDelete
  6. Om mau tanya tutup air filter udara yang sama dengan baleno mrek mobil ap ya om, mslhnya tutup it ssh carinya didaerah saya, mohon pencerahannya oom

    ReplyDelete
  7. Om mau tanya tutup air filter udara yang sama dengan baleno mrek mobil ap ya om, mslhnya tutup it ssh carinya didaerah saya, mohon pencerahannya oom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutup yang ori atau after market om?

      kalau yang ori mungkin bisa dicoba dengan mobil yg memakai mesin sama seperti APV, escudo 1.6 (yg lama sebelum tahun 2000) namun saya g jamin kalau sama ya..

      kalau mau mudah pakai saja produk after market yg tipe open filter (model jamur)

      atau kalau mau agak ribet dikit bisa pesen via online, di FJB banyak yg jual sparepart baleno om.

      Delete
  8. Saya punya baleno dx 2000
    Tp pas kecepatan di atas 80 km/h kok mobil getar semua ya
    Kira kira apanya itu om
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang getar di sebelah mana om? getar dari mesin bisa, tandanya mesin sudah tidak balance. Atau yang paling sering adalah roda tidak balance, bisa jadi velgnya atau roda benjol.

      om coba aja konsultasi ke bengkel kaki-kaki dan finish balancing semoga cepet sembuh om...

      salam

      Delete
    2. Ini saya pernah ngalamin. Kalo punya saya , masalah itu dikarenakan oleh ban yang sudah getas/keras. Ban saya waktu itu achiles keluaran Multi strada tahun 2006. Pas saya ganti dengan turanza Bridgestone 2016. Di gas sampai 140 belum getar tuh, mungkin bisa lebih

      Delete
    3. Saya peenah mengalami mobil getar seperti Koh Ahsan. Ternyata ada satu ban yang benjol alus.

      Delete
  9. Selamat malam om..saya pendatang baru..saya punya baleno 97..saya punya masalah..klw saya masuk gigi satu kemudian jalan..kenapa ya jalan nya mobil agak endut edutan dak normal gitu..atau agak tersendat sendat..mohon pencerahan nya..
    Dan satu lagi apa yg membuat spedemeter gak bisa berpungsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims om sudah mamppir, berikut komen saya:

      1. endut endutan (biasanya gigi 1 or 2) dikarenakan:
      - Throttle body, bersihkan and periksa packingnya, jangan sampe bocor
      - pengapian: cek busi, setel gapnya sesuai standart. Koil juga pastikan masih bagus dan tidak bocor. kalau koil baleno biasanya bocor di sambungan antara badan koil dan kabel utamayg mengarah ke busi
      - supply bensin, cek apakah supply bensin lancar. caranya cabut selang bensin dari filter (yg item di firewall mobil) ke arah injector trus on kan kontak (g usah distater) klo bensin nyembur kencang biasanya masih bagus.

      - ada sensor yg kerjanya tidak sempurna: nah ini harus dicari atu2.. dari cmp, ckp, vss dll

      2. terkait speedo, cek aja apakah rpm meter dan fuel meter masih fungsi. kalau mati bisa jadi kabel ke speedo bermasalah. kalau masih hidup bisa jadi Vehicle Speed Sensor (VSS) sudah mati. tinggalin email aja om, nanti saya email cara ngecek VSS. letak vss sendiri ada di atas transmisideket sama tuas pengungkit kopling. saya pernah ngalamin ini dan beli barangnya di senstosa, atrium senen sekitar 400 ribuan.


      salam

      Delete
  10. misi om mau tanya , baleno saya 1997, kalo mau jalan tuas kopling nya susah balik, kadang lancar kadang gak, kalo dah dijalan raya lancar2 aja...kira2 masalahnya dimana ya om..? kabel kopling naru ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadhuh... saya belum pernah ngalamin om... jadi belum bisa ngasih tahu. maap banget om. tapi klo kita telusuri dengan seksama, kemungkinan troublenya bisa kita kelompokkan ke tiga hal sbb:

      1. Tuas kopling di dalam mobil: ada kemungkinan pernya udah seretjadi susah balik. utk ngecek, lepas aja kabelnya dari tuas, trus mainkan n injek2 tuas koplingnya. kira2 lancar g?

      2. kabel kiopling seret: kalau habis ganti biasanya sih bagus jadi kita bisa abaikan kemungkinan yg ini.

      3. mekanisme dalam bak kopling: ini kayaknya yg jadi tersangka utama. apalagi menurut mas klo udah jalan fine-fine wae... terus terang saya buta dengan mekanisme kopling jadi g bisa bantu banyak.

      salam

      Delete
    2. Mas rangga mungkin ini artkel bisa saya jwb berdasarkan pengalaman sy dgn baleno 97,trouble mas rangga ini ada di kanvas kopling yang mulai tipis atau sudah habis efeknya selip..coba mas periksakan ke bengkel mengenai kanvas kopling dan mataharinya...dan periksa kembali per pedalnya yg sudah tdk layak pakai sesuai penggunaan waktu yang lama..jd 1 periksakan per pedalnya 2 periksakan kanvas koplingnya juga dan mataharinya...semoga membantu..tetap semangat..baleno numero uno

      Delete
  11. Misi om mau nanya, rpm di speedo msh nyala, tapi untuk ukuran kecepatan udah mati, kira2 dmna masalahnya?
    Nanya lagi om, apa delco baleno 97 bisa pakai delco APV?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal speedo hampir pasti masalahnya di vehicle speed sensor (VSS) atau kabel yg dari vss ke ECU. VSS sendiri letaknya di atas blok transmisi. harganya sekitar 400 ribuan.

      kalau soal delco saya kurang tahu om, soalnya baleno saya tahun 2000 udah distributorless, jadi g pakai delco lagi.

      salam

      Delete
  12. Selamat malam Om saya punya Baleno matic 2001, kira kira oli jenis apa yg cocok utk transmisinya ? Kemudian kaca depan sdh mulai buram, kira kira diganti baru yang ori ada ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadhuh kalo matic saya ndhak tau om.... terkait kaca, kemungkinan ada, cuma barang langka n mahal. kalau tidak baret n cuma karena banyak water spot ataupun jamur, kenapa tidak di poles aja om? murah kok, mungkin sekitar 100-200k di salon mobil.

      Delete
  13. siang om...butuh pencerahan atuh?mau tanya nih?baleno saya ko kipas radiator nya gk jalan setiap sy panas kan dan posisi Ac sy nyalakan?gmn tuh om apa kipasnya rusak apa memang sperti itu??atur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu om... apakah kipasnya mati terus atau kadang hidup.

      Kipas baleno ada otomatisnya, jadi hanya hidup pada suhu tertentu (seingat saya emang agak panas baru hidup) dan bahkan ketika mesin panas dan mesin dimatikan, kipas masih hidup (selama kontak masih nempel yah)

      salam om

      Delete
  14. Selamat siang....
    Mau tanya letak sekring lampu kabin n lampu atrek dmn ya Om? Soalnya lampu atrek/mundur udah gk nyala n lampu kabin saya udah coba beli baru tpi gak ttp gak nyala... Thx before...salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry lupa..untuk baleno tahun 2000

      Delete
    2. kotak sekering ada di dalam ruang mesin om.. depannya penumpang depan ada kotak item.. buka aja, cari yg tulisannya doom. sama yg di bawah dashboard kanan, deket setir, atasnya pedal gas,

      itu yg untuk lampu kabin ya om.. utkk lampu atret saya g tau ada dimana...mohon maap ndak bisa bantu


      salam

      Delete
    3. Saya pernah alami lampu atret gak nyala
      Kerusakan ada di switch atret yang ada di blok gardan

      Delete
    4. mas mau nanya itu switch atret dimn iy aku nyariin sampei puyeng gak ketmu.baleno metic 2001 atau 2000 kalo bisa fotin mas

      Delete
  15. Mau nanya gan.
    Kalo jendela ditutup rapat kan kita harus nyalahin AC. Nah kalo kita nyalahin heater nya trus panel AC tetap diposisi off atau di geser ya?
    Dan semisal di nyalahin bikin kaca dalam ngembun enggak?
    Soalnya ane kemaren cuman nyalahin AC di posisi satu geseran tetep parah ngembun nya di kaca.

    Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menyalakan heater, caranya sama seperti menyalakan ac gan, on kan ac, tuas blower bisa di posisi 1-4 (bebas) kemudian tuas satunya (pengontrol suhu) digeser ke kanan kearah warna merah. heater akan aktif gan tetapi udara yg keluar baru akan terasa panas/hangat jika mesin sudah panas (heater corenya memakai air radioator.

      terkait embun, sebenarnya embun kan terbentuk akrena tingginya kelembababn udra dalam mobil gan, kalau g mau embun ya nyalain ac saja karena ac akan menghilangkan/menurunkan tingkat kelembaban di dalam udara.

      regards

      Delete
  16. Selamat malam pak, saya tertarik dengan ulasan bapak,dan berencana membeli baleno,kira" tips yang perlu diperhatikan pada saat cek baleno yg akan kita beli dan apakah perawatan baleno mudah? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam om, semoga sudah jadi beli balenonya, punya saya malah sudah masuk list jual karena saya akan pindah ke negara lain.. :D

      yg jelas ada 3 hal utama yg harus diperhatikan kalau mau beli baleno mengingat umurnya yg sudah dewasa:

      1. Body, kalau ini general banget,
      2. Mesin, biasanya penyakit baleno adalah pengapiannya, cek kondisi koilnya, biasanya kabelnya sudah getas dan miss fire, cek riwayat service, dan perhatikan mesinnya, apakah halus, betrtenaga, dsb. trus jangan lupa juga cek knalpoynya ngebul atau tidak.
      3. Kaki2, ini masalah klasik baleno, karena usia dan berpenggerak roda depan, biasanya kaki depan gampang keseleo. cek balljoint, tierod dan karet sambungannya. coba di tes jalan, apakah ada bunyi gemuruh.
      4. AC, ini vital karena biasanya pemilik jarang servis ac (hanya servis kalau sudah rusak). ac juga sangat menentukan fuek consumption bagi baleno.

      salam

      Delete
  17. Ada yg pernah ganti kontrol wiper dan lampu di bawah setir itu... sy butuh plastik dudukan yg di dalam... itupun hy plastik yg bergerak... tempat ujung kontrol wiper dan lampu di dalam... punya sy pecah. Please sent me message... mashudi3hs@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf om, saya belom pernah ganti sih,tapi untuk mengakali mungkin bisa di lem pakai dextone/araldite, kemudian dihaluskan lagi.

      salam

      Delete
  18. Pagi pak,,
    Saya pemakai baleno 2001
    Masalah Nya,, Kalo Pagi Mobil distater,, okk,
    Tapi Kalo jalan be berapa kilo meter,, tau,, tau mesin mati,, biasanya mesin mati Kalo posisi Mobil berjalan langsam,, atau sedang tekan kopling,, setelah mesin mati,, distater rada susah,, mesti nunggu be berapa saat,, baru mesin MAU hidup,, dan kejadian nya berulang seperti itu terus,,
    Masalah yang kedua,,
    RPM Malah Turun Kalo ac di nyalakan,,
    Awal 1000 tpi Kalo ac nyala jadi Turun 800
    Mohon pencerahaan Nya pak,, terimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini komen saya:
      1. mesin mati setelah beberapa lama, biasanya dikarenakan fuel pump yang lemah, setelah jalan dan mesin panas, FP tidak kuat memompa lagi. coba matikan mesin, dan on kan kontak. Dengarkan bunyi mendengung yg dihasilkan oleh FP, apakah lama? atau sebentar. Biasanya kalau mendengung lama, FP sudah lemah.

      2. RPM turun ketika ada beban (AC, Lampu) biasanya karena iddle upnya bermasalah. sensornya ada di sebelah kiri Throttle body, coba di cek dulu. terkait harga, saya kurang tahu, mungkin bisa hub. sentosa motor di atrium senen.

      Delete
  19. Selamat malam om... Mohon maaf mau tanya ane pake suzuki baleno 2001 kenapa ya kalo di rem rpm turun bahkan parahnya mesin jadi mati. Padahal kalo mesin dingin terus di idupin rpm tinggi... Mohon pencerahannya gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek iddle upnya mas, sesuai komen saya diatas.

      salam

      Delete
    2. Ijin menambahkan. Kalau direm lalu mesin terganggu mungkin booster rem nya sudah bocor sehingga oli rem atau udara terhisap ke dalam mesin.

      Delete
  20. Salam kenal pak.mohon pencerahannya waktu sy perjalanan luar kota tau2 ac ga dingin padahal lg hujan...ac keluar dingin tp kecil waktu sdh sampai tujuan di dasbord keluar suara gemuruh kayak ac nya keluar di dlm dasbord knp ya pak. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya dulu om, pas g dingin apakah sebelumnya keluar asap putih seperti kabut dari kisi2 AC?

      Karena dari gejala yg disebutkan, suara gemuruh disebabkan oleh evaporator yg mampet sehingga udara tertahan di salurannya. hal ini sangat mungkin mengingat kondisi saat itu hujan yg menyebabkan ac dalam kondisi dingin maksimal.

      biasanya permasalahannya adalah thermister ac (sensor suhu di evap) sudah mati/sudah mengalami perubahan ukuran resistornya sehingga AC tidak bisa cut off ketika suhu evap rendah dan mengakibatkan Evap beku. solusinya ganti saja, bisa di bengkel AC.

      Delete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. selamat malam om maaf saya mau tanya kalau oil masuk ke radiator itu masalahnya apa ya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya itu om, kalau oli masuk radiator, berarti coolant juga masuk ke jalur oli. biasanya ada seal di jalur air pendingin (yg di dalam mesin) yg bocor. untuk mengetahuinya harus turun mesin

      Delete
    2. istilah bahasa inggrisnya "blown head gasket", bahasa kitanya "paking silinder kop jebol" hehe.

      Delete
  23. permisi om mau tanya, saya pakai baleno tahun 2002, dengan KM 213,xxx oli tidak pernah telat,sudah peremajaan parts kopling dan matahari, kuras tanki, ganti filter bensin yang ditanki dan dikap mesin,pake paertamax,busi baru service throtle rutin, ganti filter oli setiap 5000 km, yang mau saya tanyakn :
    1. waktu diposisi gigi 2 dan 3 ndut ndutan yang tapi kalo sudah masuk 4 tidak..?
    2. tarikan di putaran bawah waktu gigi 2 dan 3 berat kenapa ya om, tp waktu pada posisi gigi 1 dan 4 tidak ya om
    3. lalu standart fuel konsumsi baleno 2002 itu berapa ya om
    4. trs shock braker nya baleno yang standart jika hanya di isi satu orang memang keras ya om
    5. tp yang bikin kece baleno nie ane pernah tes ditol tembus 130 Kph (untuk mobil tua standart spech masih ok) hanya hal hal tersebut om yang masih pe-er ane om... ud coba tanya tanya sama dokter mesin tp masih belum tuntas... terima kasih om atas waktunya...suksess selalu dengan baleno nya om om Baleno Owner....

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini om komen saya:
      1. sama, saya juga mengalaminya, emang ini misteri yg belum terpecahkan :D

      2. kemungkinan om ngegasnya dari RPM bawah (sekitar 1000) karena baleno ada teknologi anti detonation (retarded timing ignition) jadi ketika di RPM rendah di gas penuh, ECU memerintahkan semprotan bensin ke combustion chamber diperkecil dan pengapian disesuaikan. efeknya, tenaga seperti tertahan. ( saya mengalami kalau menanjak pakai gigi 2) tapi untuk gigi 1, rumus tersebut tidak berlaku, sehingga tenaga bisa lepas di gigi1

      3. standard FC bervariasi om, saya pernah mengalami 1:6 sampai 1 :17 tergantung kondisi mobil, setingan, dan jalan yg kita lewati

      4. udah mati kali om, punya saya lembut, apalagi kalau yg belakang

      5. jangan kenceng2 om.. bahaya, saya maks pernah 150 di jagorawi, tapi itu dulu, jaman masih garang. sekarang mah,, selow aja

      salam

      Delete
    2. Salam kenal Om/Pak Admin. Baleno saya juga ndut2an di rpm 2000 kebawah, setelah lewat 2000 lancar bahkan tarikan naik. di rpm 2000 ke bawah itu kalau gak ndut2an, makin digas malah makin berkurang tarikannya.

      Delete
  24. Mau tanya ke siapa aja, sy berencana beli baleno, tp msh ragu, baleno apa baleno next g, nah menurut agan2, mending mana, baleno atau baleno next g ? Trims....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tujuan agan sih, kalau next g lebih baru, mesin sudah DOHC, tapi model banyak yg suka yg lama...

      Delete
  25. Wah baru ketemu blog ini lagi. Saya mau cerita horor tentang mobil ini yang ada hubungannya dengan komen saya paling atas.
    Berangkat dari Bekasi ke Tasikmalaya sebenarnya sudah terasa ngga enak karena sudah terlanjur ikuti petunjuk bengkel pakai saja tutup radiator dari asli 0,9 ke 1.0 untuk atasi radiator yang temperatur baik. Memang gak masalah penggantian ini untuk jarak dekat.
    Temperatur panas radiator kembali bermasalah ternyata untuk kecepatan tinggi di Tol dan ternyata menjadikan sering harus berhenti mendinginkan mesin.
    Puncaknya sebelum 10Km sampai di Tasikmalaya bagian atas radiator jebol! Tanggung akhirnya sampai di tujuan dengan berkali-kali isi air.
    Kesimpulan walau beda tipis nilai tekanan tutup radiator jangan disepelekan.
    Thanks bengkel radiator di Tasikmalaya yang sudah ngganti bagian atas radiator pakai bahan tembaga dan tutup radiator baru paka6nilai 88kpa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya juga masih bingung om, dulu saya pakai 0.9, tapi pas maen ke beres suzuki, ada baleno 2000 yg lagi nginep, dia pake 1.1. Sekarang saya sih mantep pake 1.1, alhamdulilah gpp, padahal sering mudik ke jogja. yg jelaskelemahan tutup radiator yg tidak sesuai:

      1. terlalu kecil: mesin tidak mencapai suhu kerja optimal, jadinya lebih boros, dan ada kemungkinan AC kurang dingin (karena fan radiator lebih jarang berputar)

      2. terlalu tinggi: ini bahaya, radiator bisa jebol, apalagi selang2nya, tidak kuat menahan tekanan.


      salam

      Delete
    2. mungkin radiatornya sudah banyak jalur yang mampet Om, sehingga bikin jebol tutup/cover atasnya. kalau pakai air (tidak pakai radiator coolant) biasanya lebih sering mempet/buntu.

      Delete
  26. Ass. salam kenal dulu Om
    Kira2 baleno tahun berapa yang lebih irit dan mudah perawatannya ?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg g ribet jangan pake baleno om, maklum mobil tua, pasti minta jajan. wkwkwk

      Delete
    2. Sampai penggunaan dari tahun 2000 saya relatif puas dengan performa Baleno saya.
      Dalam kurun waktu tersebut saya juga memiliki beberapa mobil berganti ganti sampai 4 merek atau jenis, tapi sekarang tinggal ini yang saya pakai dan mobil anak anak saya sebagai perbandingan baleno tua saya.

      Delete
  27. selamat siang, salam kenal :
    Mau nanya nih, mobil saya Baleno DX 1998 1,6 cc,kendalanya :
    1. RPM tidak setabil, sudah stelan di injeksi juga sudah dilakukan, tetap tidak stabil.

    2. Jika malam lampu spedometer berkedip2.

    mohon pencerahan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mesin pincang g om? lampu chek engine nyala g? kemungkinan sensor2nya atau koilnya om.

      2. coba cek harness kable yg ke speedo, biasanya kendor

      Delete
  28. Hi salam kenal..

    Dari ulasan diatas dan beberapa artikel lainnya apakah benar baleno next g itu memiliki satu kelemahan yaitu gampang over heat?

    Atau over heat adalah hampir semua kendala mobil bukan hanya baleno...

    Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pendapat saya sih om, semua mobil 90 an keatas tidak bakal overheat kalau sistem pendinginannya sehat, coba di cek, apakah air radiator berkurang terus? atau sirkulasi air dalam radiator terhambat?

      salam

      Delete
    2. Tutup radiator paling sering diremehkan dalam kasus overheat..

      Delete
  29. Hi salam kenal...

    Apakah ada yang tau club baleno next g atau aerio disekitaran daerah bogor????

    Buat tambah teman dan share pengalaman tentang baleno dan aerio...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kalau club saya kurang tahu om, saya g pernah ikutan club, cuma pemekai pribadi aja..

      Delete
    2. Om nggak punya fb WA atau yg lain po Om ?

      Delete
    3. wah.. nanti kepublish jati diri saya om... klo mau kontek saya, tinggalin aja email om disini, nanti saya kontek balik.

      salam

      Delete
  30. Sharing mengenai Baleno endut endutan pada RPM rendah.
    Masalah saya temukan di body coil yang bocor.
    Ditempat gelap terlihat bunga api meletik dari body coil yang bocor ke body mesin bersamaan dengan mesin yang batuk.
    Solusi murah: isolasi gap antar coil dan body mesin dengan lempeng plastik. Sudah hampir setahun gak ada kejadian mesin batuk batuk lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. om, bisa di kasih dokumentasi? kayaknya asyik kalo di publish. saya pernah kayak gtu, tapi cuma saya lem pake dextone di sambungannya.

      salam

      Delete
    2. wow iya juga, tapi kenapa endut2annya cuma di RPM rendah ya. saya masih belum dapet feelingnya nih kenapa problem seperti ndut2an/batuk2 hanya terjadi di RPM rendah

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Sharing sedikit om :
    Saya punya Baleno Next G tahun 2003 tarikan masih enteng om dibanding Neo Baleno yang keluaran habis Next G, ini mobil enak dan nyaman kalo menurut saya om, saat di tol jemput ortu ane ke bandara, iseng ane coba bawa keceng nih mobil om. Gak sadar kecepatan udah 120km/jam dan itu mobil gak goyang/melayang sama sekali gan di banding avanza atau xenia , saking enaknya nih mobil di bawa sampe ane terlena bawanya gan hehe . Tp keesokan harinya, ane coba mobil sdr ane Neo Baleno 2008 pas sebelum coba ane pikir ini mobil lebih manteb lah dr punya ane, secara dia lebih muda tahunya, dan ternyata pas di coba kok tarikan awal kerasa berat om, beda sama versi next G dan DX, di tambah kecepatan baru 105 km/jam kok udah goyang yaa, saat ane tanya ke sdr ane, dia bilang padahal service rutin dan resmi om di suzuki, tp setiap di bawa selalu begitu, itu kenapa yaa gan kalo boleh tau? Apa memang versi Neo Baleno itu beda jauh dengan DX dan Next G.
    Tp kalo Si next G ane emng di akuin enak gan sama ortu ane hampir setara lah sama Innova ortu yg tahunya jauh lebih muda 2011

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang atu detailnya om, tapi kalau soal mesin sekilas begini:

      1. NExt G dan Neo Baleno sama2 memakai mesin M15 dengan spek yang sama, perubahan mungkin minor di sektor ECU sehingga tenaga dan torsi berubah sedikit. mengingat body Neo lebih besar, sangat mungtkin kalau power to Weight rationya kalah dibandingkan neo baleno.

      2. Baleno DX (2002 kebawah) memakai mesin G15/G16 (1999 kebawah) yang sekarang dipakai APV, mesin ini masih SOHC, sehingga kalau tarikan atas pastinya kalah dari mesin M15 yg sudah memakai mesin DOHC.

      3. soal goyang di kecepatan tinggi, faktor yg paling berpengaruh adalah roda, suspensi dan setir om, soalnya saya pernah pakai X over (versi hatchback dari neo baleno) dan mulus aja tuh di kecepatan 140.

      Delete
  33. Siang Om , butuh pencerahan .untuk RPM dan Sensor suhu tidak berfungsi setelah nambrak lubang ..itu sensor nya dimana ya letaknya

    Terimakasih atas bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang om, kalau sensor RPM, letaknya di dalem mesin om, saya kurang tahu pasnya dimana. Kalau sensor suhu (engine coolant temperature sensor) letaknya di deket selang gede yg dari radiator. kalau kita dari depan mobil, di tengah agak kanan dikit ada selang besar yg masuk mesin, nah di blok mesinnya itu ada sensor.

      salam

      Delete
    2. Ijin menambahkan Om, kalo sensor rpm kalo gak salah di delco (model 97), atau di CMP (model 2000). kalo jadi gak berfungsi setelah nabrak lubang mungkin socket/kabel nya aja yang jadi gak konek Om, CMIiW.

      Delete
  34. Mohon izin om... newbie
    Sya mau tanya.. kira2 biaya ganti metal ( di dalam mesin) apa kah harus 1 set.. dan di lumer lagi...?
    Kira2 berapa biaya untuk ganti power stering...
    Mohon pencerahan nya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ganti metal, baiknya emang satu set om, untuk biaya saya sendiri kurnag tahu karena belom pernah. namun untuk gambaran saja, untuk ganti metal harus turun mesin, mungkin sekitar 3-5 juta om, saya sendiri kurang tahu.

      untuk power steering, keluhannya apa? karena biayanya juga tergantung kerusakan. kalau selang hi pressure, cukup murah, bisa 200 an selang saja (beli di tango motor) kalau service pompa atau ganti pompa jelas lebih mahal. Saya terakhir service ke botak seng, jatiwaringin, kena 1,3 kalau tidak salah servis pompa, ganti selang hi pressure, dan seal2. garansi setahun, dan sampai sekarang maknyus (service bulan desember 2015)

      salam

      Delete
    2. Perkiraan 3 -5 juta apa sudah include ongkos kerja om...?
      Trus apa kah wajar baleno 2000 sudah harus ganti metal dengan umur segtu... hehe

      Delete
  35. mohon izin om..saya dari kaltim, dan disini sedikit sekali yang mengerti tentang baleno, mobil sy baleno 2001. permasalahan pertama mbl sy spedoometernya mati, tapi rpm ttp jalan, apakah itu sensornya yang rusak? belinya dmn ya om? dikaltim sy pesan dibengkel tertentu sudah 6 bulan ngga datang2. terusyang kedua air radiator saya selalu habis, padahal sudah dicek radiatornya ngga ada yg buntu. kata temen saya si ada rembes di pakop (ngga ngerti tulisan yg bener) mesin. mohon pencerahannya om. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia om.. kalau bisa tolong dibalas ke email sya.. garcinia.indi86@gmail.com

      terima kasih

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. siang om, terkait speedo, bisa dipastikan VSS (vehicle speed sensor) mati, saya dulu beli di atrium senen di sentosa motor (bisa pesen via online/telp, googling aja om, pasti nemu) harga 350-450 saya lupa

      untuk radiator, kemungkinan memang bagian head radiatornya yg rembes kayak punya saya, coba cek di sambungan antara bagian bawah (yg ada sirip2nya) dengan bagian atas yg dari metal/plastik, biasanya ada bekas air mengering disitu. solusinya ganti head radiator, bisa di tukang radiator.

      atau kalau tidak, coba cek apakah oli berwarna putih seperti susu, kalau memang iya, berarti air masuk ruang mesin, harus dilihat saluran air di mesin untuk memperbaikinya.

      Delete
    4. oke om, tanks berat.. satu lagi om, diknalpot saya ada keliatan rembesan air, apakah itu karena pengaruh head radiatornya yang rusak?
      tanks berat untuk pencerahannya.

      Delete
  36. Assalamualaikum. Salam kenal dr jogja om, sy menanyakan suzuki baleno thn 97 sy, kok ke dua kali ini mesin mati sendiri saat dipanasin di garasi? Pdhl suplay bensin lancar saat dilakukan pengecekan dgn kunci diputer setengah, bensin nyemprot dr slang.

    Lebaran tahun lalu awal mula matinya mesin, smp baleno diderek mobil bengkel, eh sampe bengkel saat distarter mesin nyala. Smp dititipin seminggu di bengkel, utk dites dan dicek, dan mesin nyala normal nggak mati mati.

    Nah Kejadian puasa ini. Mesin mati saat dipanasin. Itu penyebabnya apa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang om,

      kasus ini agak sulit karena om g jelasin pas mati gejalanya seperti apa. Apakah tersendat dulu, getar, pincang, atau normal langsung mati. Mungkin bisa diinfokan dulu gejalanya supaya lebih enak analisisnya.

      Aniwe kita tetanggaan om... dan baleno saya mau dijual, sukur sukur kalo om mau hehehe....

      Delete
    2. Salam kenal mas saya juga darijogja, semoga bisa sharing bareng tentang baleno saya juga awam www.jayabhaya.com

      Delete
  37. Om,,mau tanya ni mobil baleno ane tahun 2001 jam & tape cd nya ga nyala..mohon kasih pencerahannya dong..kalo yg lain semuanya normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabelnya kalitu om.. kabel power yg ke arh jam and Head unit pasti ada yg putus. om siap2 aja jadi tukang urut kabel. tempatnya di dalem dashboard, lepas HU dulu dengan melepas panel yg ditengah itu om.

      Delete
  38. sebelumnya salam kenal om, saya fajri, saya punya baleno 2000, dan saya awam banget tentang mobil, kebetulan check engine saya menyala, tp kadang mati, kadang nyala lg, trus saya bawa kebengkel dan ternyata baru tau yang dicek oleh bengkel adalah VSS nya, disemprot2 trus check enginya mati, tp ga lama skrng nyala lg, trus saya scan manual dengan jumper dan ternyata hasilnya menunjukkan 2 4 , yang berarti emang VSS nya yang bermasalah, saya baca2 komentar diatas dan ada balesan kayak gini "kalau masih hidup bisa jadi Vehicle Speed Sensor (VSS) sudah mati. tinggalin email aja om, nanti saya email cara ngecek VSS. letak vss sendiri ada di atas transmisideket sama tuas pengungkit kopling. saya pernah ngalamin ini dan beli barangnya di senstosa, atrium senen sekitar 400 ribuan." yang saya tanyakan gmn cara ngecek VSS nya, terimakasih sebelumnya, email saya fajrie.xp@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf om, saya udah move on dari Indonesia. kebetulan file2 terkait baleno ada di HDD di Indonesia semua. sekali lagi maaf om. salam

      Delete
  39. Selamat siang,salam kenal..
    Mau tanya mas,baleno saya thn 2001..tp kok boros sekali yaa,apakah pakai knalpot racing bisa mempengaruhi konsumsi bbm.
    Oli transmisi sy ngetes dr bawah..kira" estimasi biayanya berapa yaa.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kenalpot racing sudah tetu boros om, sudah hukum alm itu. terkait oli netes, bisa jadi cum seal2nya yg bocor. coba om periksa di sebelah mana letak bocornya (tepatnya) klo estimasi biaya saya kurang tahu om, tapi siapin aja dana agak banyak karena itu sama aja dengan turun transmisi.

      Delete
    2. Makasih yaa oom informasinya..

      Delete
  40. malam om.. saya punya baleno 2000 manual.. panel ac yg buat pilihan dingin di badan semua kok gak fumgsi ya.. jadi ac arahnya ke kaki.. ada solusi om ? makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg g fungsi yg ke badan aja om? klo dsetel ke dua arah (badan dan kaki) masih fungsi g? klo disetel ke dual terus keluarnya ke kaki aja, berarti salurannya yg buntu, tapi klo disetel ke dual bisa lancar keluarnya angin (ke dua arah) dipastikan tombol untuk memindahkan angin ke badan yg rusak. kalau yg ini solusinya buka panelya om. trus di tes pake multitester, ada jalur/ kabel yg putus atau tidak

      Delete
  41. salam satu jiwa

    salam kenal om, mau naya ni saya punya baleno 2000 manual ada beberapa keluhan ampe sekarang ane lom dapet jawabanya, uda bolak balik ke bengkel dan ganti bengkel permasalahan ampe saat ini selalu tetap :
    1. agar baleno ane bisa irit gimana om
    2. kalo abis di pake posisi mesin mati selalu keluar suara dari mesih seperti air yang sedang mendidih ( uda cek radiator dan selang tetep aja)
    3. letak sikring audio di sebelah mana
    maap ane awam akan mobil.
    makasi om saya tunggu pencerahannya ya
    salam satu jiwa lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lgsung aja ya om.

      1. biar irit, ac sehat wal afiat, bisa cut off, stel kelp renggang, setel gap busi sesuai standar, setel co voltasenya dibawah 2,5v. n yg paling penting, sekolahin kaki kanan om. oiya jangan lupa tekanan ban dijaga 30 psi

      2. 2. saya belom pernah ngalamin om, maap tak bisa bantu

      3. kotak sekering di bawah setir om, dalem dashboard coba aja cek nanti ada kok tulisannya sekering apa2 aja

      salam

      Delete
  42. Salam Gabung Om Moww..

    Dr artikelnya sptnya kita sama2 pake evaporator Non Genuine, dmn pendinginan tdk maksimal, alias kondisi macet trus terik siap2 baris blakang ngluarin kipas,hehe..yg mau saya tanya..
    1. Bisa gk y kita Ganti sendiri tuh evap (rencana mau beli yg denso), kalo bisa ksh tutorial dong om .. ^.^
    2. Udh pernah ganti lampu dasboard sendiri blm om, ribet gk sh?hehe..pengen nyoba bongkar sendiri soalnya mati satu yg sblh kiri

    Thanks om, bales y,ato bikin artikel,ato kirim email jg boleh, hehe..
    chans40@gmail.com
    Salam Baleno 97, Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. saya nyerah om, itu butuh alat buat ngisi freon soalnya. lagian ribet banget nyopot evap, sumpah. saya mending kasih ke bengkel, tapi saya awasin bener2

      2. lampu dashboard yang mana ya om?lampu speedo kah? atau lampu yg di tombol heater dan hazard itu? klo lampu speedo ada turorial buka speedo di postingan saya ttg masang scotlite di speedo. klo lampu tombol2 itu, om buka panel tengah dulu, (lis yg mengelilingi head unit) klo udah baru tombol tadi di cungkit dari dalem, pasti copot.

      Delete
  43. Salam kenal,
    mau nanya, dibawah tempat oli PS ada oli yg merembes dan netes, kira kira kenapa ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. sealnya kompressor PS mungkin om, harus service kompressor. saya biasanya ke botak seng, jatiwaringin,. mereka garansi satu tahun.

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Selamat sore,
    Salam kenal, mohon pencerahannya sedikit cerita Mobil Valero 2001 2 minggu setelah service radiator Dan ganti ring piston (turun mesin) pada saat di jalan tol pada malam hari rpm di atas 100 temperature naik mendekati level merah lalu saya coba turunkan rpm kisaran 70-80 indikasi temperature turun di level tengah dan pada saat siang hari di jalan tol kondisi macet temperature naik mendekati sampai atas level merah,
    Pertanyaannya :
    1. Apakah Ada masalah di radiator? Atau masalah pada yg lain?
    2. Air radiator menggunakan air mineral
    3. Apakah Ada masalah lain selain radiator?
    Demikian terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masalah memang di radiator om, bisa jadi saluran air kurang lancar, atau kipasnya mati. coba om perhatikan dulu kipasnya bagus g. kemudian pas service raiator, apa diagnosis tukangnya? apakah ada masalah? atau baik2 saja. Kemudian sering2 cek air radiator, karena pake mineral, biasanya sering kurang karena menguap.

      salam

      Delete
    2. Coba cek juga tutup radiator. Saya pernah mengalami kejadian seperti ini

      Delete
  46. Salam kenal, sy newbie, baru beli baleno next g 2003, ada yg ingin sy tanyakan, kalau awal starter mobil, suara mesin terdengar keras dan dashboard ada yg bunyi mendengung, tp kl dipanasin sudah aga lama, suara mendengung ngilang dan suara mesin normal, mohon pencerahan solusinya gimana biar awal start mesin ga terlalu keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunyi mendengung dari mana mbak? bisa di rinci dulu? biasanya ada yg dari fuel pump, atau bisa juga dari pulley2 di kap mesin. coba buka kkap mesin dulu dan dipastikan arah suaranyaa. terkit mesin kasar waktu start, biasanya karena oli belom naik atau karena celah mesin masih renggang (karena dingin). hal ini mungkin saja terjadi karena sehabis ganti piston, pemasangannya kurang pas.
      salam

      Delete
  47. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  48. Salam kenal om , rencana mau beli baleno97. Tapi pas di cek ternyata enggine checknya nyla terus,. Tapi buat jalan normal.. Pas di lihat ternyata sensor TPS gk ada tidak terpasang. Apakah mobil itu layak kita beli om trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo soal beli atau tidak, terserah om sih, kan preferensi orang orang beda beda om. yang jelas begini, kalau salah satu sensor mati/tidak terpasang, maka ecu akan berada dalam kondisi fail safe mode yg ditandai dengan check engine nyala. mobil akan bisa berjalan normal, tanpa ada kendala, namun kehilangan fungsi pintarnya. smart function yg saya maksud disini adalah kemampuan ECU untuk mengatur timing pngapian dan semburan bensin oleh injector berdasarkan input yg diterima oleh berbagai macam sensor. hasilnya mobil bisa lebh irit, ketika pemakaian biasa maupun lebih bertenaga jika dibutuhkan akselerasi dengan mengorbankan lebih sedikit bensin. ECU ini pula yg membuat baleno amat sangat jarang ngelitik, ketika dipaksa akselerasi dengan gigi tinggi karena ECU memerintahkan untuk memundurkan timing pengapian.

      untuk TPS, bisa beli di atrium senen om, harga mungkin sekitar 400-700 rb saya kurang tau pasnya. pemasangannya gampang, tinggal dibaut di dudukan sama colok socketnya.

      Delete
    2. Makasih om sudah saya beli dengan harga yg relatif murah sih.. mobil tanpa TPS tarikan juga enak saja kagak endut² and.. rpm ya naik turun tapi ya masih kategori nyaman lah om.. sekarang masalahnya kalau AC on rpm drop ternyata modul amplifier ac nya GK ada... Hadeww Giman cara naik kan rpm tanpa modul AC amplifier.. sekarang AC pakai Thermo manual terimakasih om atas jawabanya

      Delete
  49. Salam Kenal..Kalau sensor TPS Berapa ya estimasi harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama om sya butuh sensor tps juga,brapaan hrganya yah??

      Delete
    2. mungkin sekitar 400-700 rb om, belom pernah ganti soalnya.

      salam

      Delete
  50. Om, mau konsultasi.
    Baleno 1997 saya suka ndut2an sampe mati mesin pas kondisi langsam. Kadang jd susah dinyalakan. Terpaksa pake jurus dorong n masuk gigi 2.
    Udh k bengkel, ganti koil, ganti fuel pump. Tp masih kadang mati mesin aja..
    Bengkel bilang CDI kerendam oli. Apa bener bisa begitu?
    Atau ada penyebab lainnya?
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah.. ini yg saya g tau om, sampai sekarang saya belom nemu lokasi CDI baleno dimana, tapi dari logikanya saja, CDI itu diluar mesin om, masak kerendem oli...


      salam

      Delete
  51. Gan mau tanya klo sensor gas itu bisa di bersihkan saja atau harus di ganti dengan yang baru gan?mobik saya balenk dx tahun 2003

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada gejala seperti apa, sehingga harus ganti sensor gas?

      Delete
  52. Om admin,

    Mau curhat donk om..😀,

    1. setir Baleno saya pada saat parkir apabila di putar full Kiri/kanan Ada bunyi gesekan.
    2. Mohon pencerahannya om..untuk Baleno matic agar tarikan responsif.


    Terimakasih
    Salam satu aspal

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. gesekan yg gimana om? dari bawah mobil atau dari setir asalnya? atau malah bunyi dengung? saya kurang bisa memastikan om.

      2. service transmisi ama ganti oli rutin om, tapi emang katanya matic baleno lemot sih.. hehehe

      salam

      Delete
  53. Ijin masuk bos2 yg ganteng..saya mau liat baleno matic 2001..kira2 apa aja yg paling penting dicek waktu test drive..takut dpt yg bakalan sering jajan hehehe..makasih semuanya..
    -andy-

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek:

      1. kaki2.. terutama depan.. pas test drive hajarin aja lobang2 yg ada. bunyi2 g? sama pas belok sambil di gas ada suara2 aneh g... jangan lupa ngolong, liat ada tetesan oli atau g.

      2. mesin. kalau g kering, berarti ada yg bocor. dengerin suaranya, apakah ada suara2 aneh/tidak halus (jangan tertipu ama suara injector ya... injector baleno bunyi tik tik. test juga mesinnya pincang atau normal, biasanya pengapian suka bermaslaah.

      3. AC.. penting mas bro. nyalain aja acnya, kopresornya berisik/ ga? terus dalam keadaan langsam, buka semua pintu, ac di full dinginnya. pastikan kompressornya bsa cut-off (mati sendiri terus hidup lagi). klo g, berarti ac kurang dingin dan ada masalah

      4. soal transmisi, saya nyerah, belom pernah pegang matic.

      anyway, baleno sudah saya lepas dan sekarang saya pakai lancer matic, nanti saya sharing kalau dah agak tau ttg matic.

      Delete
  54. Mo tanya om, baleno sy 1998, trakir mogok didiaknosa fuel pump mati, lalu ganti, tapi sekarang kalau jln engine check berkedip dengan interval ga begitu cepat, kalau tarikan ga masalah, apanya ya mungkin, makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. check engine kedip bisa jadi suma kabel kelistrikan lampu indikatornya om... karena klo masalah, harusnya check engine nyala terus

      biar lebih clear, om bisa diagnosa check engine itu.. caranya gampang, cuma butuh kabel kecil bekaas.

      selengkapnya disini om
      http://www.rhinopower.org/diag/cel.html

      good luck

      Delete
  55. salam

    mau tanya om
    baleno aku thn 97 speedo nya mati bagian km/h nya..coba di ganti sensor nya tetep aja mati

    kenapa ya?
    klo.mau beli set spedometer copotan dimana ya? makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba atrium senen om... tapi klo liat gejalanya, sangat mungkin kabel dari VSS (sensor) ke ECU atau dari ECU ke Speedo ada yg putus atau kendor. cek aja pake multitester om..
      atau coupler sambungannya kadang yg udah kendor.

      Delete
  56. Pakai baleno 96 Kemarin barusan masuk bengkel awalnya ga ada tenanganya klo di gas mati rpm naik turun,, sdh di bawa ke bengkel sdh jadi dan lancar,, tp lampu indikator check engine jadi nyala kata montirnya harus ganti sensor udaranya, barangkali pernah ngalami hal yg sama/tau kasus ini,,,soalnya jd takut pakainya karna check engine nya nyala, kalau ganti sensor engine baleno apakah masih banyak yg jual kawatir susah nyari gantinyA kisaran hrga berapa yah om klo ganti sensor udara? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau check engine nyala, mobil tetep jalan normal kok.. cuma timing pengapian dia bakal jadi basic.. tidak otomatis maju atau mundur seperti ketika sensor hidup. hasilnya agak boros dikit.

      sensor udara yg di hose yg menuju ke throttle body ya om? saya kurang tau, tapi bisa check ke sentosa motor atrium senen. disana lengkap om

      Delete
  57. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Om apakah masih bisa tanya2 mengenai baleno... apa punya FB atau kontak om...mkasih

    ReplyDelete
  61. FB saya Angga Bahtera... Email saya anggabahtera@gmail.com

    ReplyDelete
  62. met mlm om,,,sy penunggang baleno dx 2001 at,gejala yg sedang sy alami saat ni adlh di bgian spedometer ny,,jarum penunjunk spedometer ny kdang jln,dn kdng tdk jln sma se x,,dh sy coba gnti sensoryg do gear bok ttep gk jlan,,kt org bngkel hruz gnti spedomter ny,,nah pertnyaan sy buat om master,apkh spedometer ny bsa di bnerin,jka bsa basa ny di bgian mna ny yg rusak atw lemah,apkh ad kmponen" spedometer ny yg lemah,atw ic yg di spedemeter sdah tdk brpungsi,tpi klo angka jrk tmuh ny msh berjlan dngan normal,,mhon bantuan ny m master yg baik hati,,jika om master pnya numb wa,,boleh lah japri kta om di 08121450754,,,prkenal kn nm sy rio from bandung om master,,
    mhon di bntu ych om,,krna sy sngat cnta bnget sm baleno...

    ReplyDelete
    Replies
    1. om Rio,

      mohon maaf sekali, terkait speedo meter memang sepertinya benar orang bengkel tsb, ada komponen yg sudah lemah (bagian speednya) karena odometernya masih berjalan normal. terkait hal tersebut, saya sendiri belom pernah bongkar daleman speedo, jadi tidak bisa bantu.

      salam

      Delete
  63. Salam kenal om, barusan saya dapat baleno th 2000. Ada pr utk colokan lighter sama electrical mirror tdk berfungsi. Saya cek sekring yg dibawah stir ternyata tutupnya sudah tdk ada jadi tdk tahu sekringnya yg mana utk lighter & elec mirrornya, bisa bantu saya om. Atau kalau punya ebook user manual baleno bisa dikirim ke email saya. sandi.aro2@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  64. Slmt mlm. Sy br dpt baleno 2000.awal beli sebulan lalu, skg ngebul keluar asap putih dr knalpot. Asapnya keluar trus tiada henti. Itu yg bermasalah apanya ya om. Ada yg bilang seal klep,ringseher n pvc. Lha yg pvc ini pnya pengaruh ke asap itu ya om.. kl suara mesin halus ga ada suara asing.cm ndut2 an waktu gigi 1 ke 2 n ke 3. Jd penasaran. Mungkin para suhu disini punya solusinya?. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  65. Maaf om mohon ijin gabung fb atau wa nya jika berkenan om, email saya princesetiyo@gmail.com

    ReplyDelete
  66. om kalau tutup radiator baleno 2002, pakai 0,9 atau 1,1 sih om?

    ReplyDelete
  67. Om,saya ada baleno thn 2000.bermasalah dgn rem selalu macet.master,sil belakang n kaliper rem uda ganti.tetap aja macet

    ReplyDelete
  68. Hlo salam kenal dri bpk agus, gini gan ku ade baleno th lama masalah e sepidometer kecepatan dak jalan kate e bengkel si di set ade kode 2.4 tu yg rusak sensor sepit e bang, ya la belikan saja tu sensor e, treus udah di belikan tu sensor tapi ko masih sama aje tu dak jalan ,.. Tolong dong yg perna alami kaya gini di bantu makasih sebelum e

    ReplyDelete
  69. Om baleno ku 2003 next g, itu waktu tarikn aal ndut dutan, itu permasalahannya apa ya om??

    Makasih om

    ReplyDelete
  70. Salam kenal om,,saya pemilik baleno 2000. Pas jalan sekitar sejauh 60km,seperti mau mogok om,tapi mesin tidak mati,ngegas tidak bisa,,seperti nyendal nyendal gitu om. Kira kira permasalahnnya di apa ya om?terima kasih

    ReplyDelete
  71. Baleno ..memamg mantab...

    Satu kata : top

    ReplyDelete
  72. Malam om,saya pengguna ba enol thn 2000,,punya keluhan nih
    1.ketika hujan selalu ada genangan air di bawah setir,,karet ,plastik dortrim udh d ganti

    2.knapa ya om tulisan chek engin kadang nyala pas jalan abiss lama kelamaan mati lagi dan nyala lagi..

    Mohon bantuannya ya om..

    ReplyDelete
  73. Sel sore mau Tanya, Saya baru aja pakai baleno the 2001. Bawa ke suzuki minta dibenerin sign yg gal balik otomastis kalo abis belok. Katanya memang begitu Dr produksinya.. apakah benar.mohin info. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mekanik yg bilang? Mendibg jangan balik ke bengkel itu lagi. Bengkel gadungan itu. Coba cek, belakangnya ada alat2 bengkel apa alat masak. Wkwkwkw

      Gini om, dimana2 sein itu harus otomatis balik, apapun mobilnya. Paling dia males benerin

      Delete
  74. Salam kenal om saya sandi Nugraha saya punya Baleno 2002 matic AC saya kompresor tidak nyala karena magnetclucth tidak ada strum positip center piece juga tidak bergerak kevpoli tapi kalau di kasih strum lsngsung kompresor nyala AC dingin saya dah cek relay dan sikringbya tidak ada yang putus solusinya gmna ya om mohon pencerahan maksih

    ReplyDelete
  75. Kalau strum langsung AC gsk mati mati om mohon pencerahan terima kasih

    ReplyDelete
  76. Malem Ommm... salam kenal. Baleno dx 2002 saya Rpm nya mati. Kira2 apanya yaa? Adakah sensor Rpm nya? Dimana letaknya. Atau mungkin sekring..?? Mohon pencerahan..

    ReplyDelete
  77. Salam kenal, saya didhi, saya punya baleno tahun 97, mau tanya harga spedometer copotan baleno kira2 brp atau tempat service spedometer daerah mana om? Terima kasih

    ReplyDelete
  78. Malam om,mau tanya cara ganti lampu indikator di hazard gimana ya om,yang di interior baleno 97
    Siapa tau om bisa tau,terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  79. Selamat malam om. Saya pnya kendala di ECU baleno DX tahun 98..baleno saya manual sedangkan ECU nya Matic sehingga pas AC on dan gigi 2 terasa berat dimesin..apakah ada efek samping sama mesin kalau pake ECU matic..mohon pencerahanya..BCI 5046

    ReplyDelete
  80. halo, selamat siang, mau nanya, untuk speedo enol 2001 saya lampu T10 nya mati dan lampu T5 nya untuk lampu bensin dan suhu mati, yang lain nyala normal, kira kira kenapa yah?

    ReplyDelete
  81. Halo gan selamat malam, mau tanya untuk mobil suzuki baleno hatcback 2018 setelah melakukan pemasangan power audio, dan camera mundur, tiba tiba tombol yang terletak pada stir tidak berfungsi??? Mohon bantuannya gan cara mengatasi masalah tersebut ???

    ReplyDelete
  82. Halo gan saya punya Baleno DX matic 2002 masalah di power steering bunyi seperti tikus CIT CIT CIT ketika di belokan minyak penuh tidak ada bocor mohon pencerahan gan terima kasih

    ReplyDelete
  83. om mau tanya saya baleno dx 2001 matic masalah di vss apakah sama vss matic dan manual mksd nya apakah bisa di pakai vss manual utk di mobil matic saya?

    ReplyDelete
  84. Salam kenal. Selamat mlm.
    Mau tanya om. Baleno dx 2001 sy tiba2 listrik/strum utk busi nya hilang. Sdh cb dilakukan cek kabel2 tp listrik ke busi ttp blm ada.
    Mhn bantuan nya

    ReplyDelete
  85. Oya lp.. Itu utk busi no 1 & 2

    ReplyDelete
  86. Salam kenal om.. cari sparepart copotan suzuki baleno dimana om yang murah meriah?
    ohya bahenol saya 1998, makasih infonya om

    ReplyDelete
  87. Misi om, untuk biaya servs rembes oli mesin dan servs besar baleno dx, estimasi nya berapa ya, trmksh 🙏🙏

    ReplyDelete
  88. maaf om,boleh nanya ya,,,gigi 4 baleno saya kadang lompat ke netral sendiri,knp ya,,,

    ReplyDelete
  89. Mo nanya om sekring lighter tuk baleno 97 seblah mana ya, punya saya lighternya mati, kabel tdk ada yg putus, sekring dicari sekitar stir lum ketemu

    ReplyDelete
  90. Misi admin, mau nanya, saya punya baleno 2002, waktu masuk ke gigi 1 pada saat jalan, tu sulit, tapi yang lain tidak, permasalahannya apa ya? Makasih

    ReplyDelete