Baleno DX atau sering disebut Maruti Baleno di Asia Selatan merupakan mobil sedan compact yang cukup berjaya dimasanya. Bodi yang cukup unik dipadu dengan mesin yang bandel dan dilengkapi dengan fitur menarik membuat baleno ini cukup digemari. Di Indonesia Baleno sendiri terakhir di produksi tahun 2002 dan digantikan oleh adiknya, Baleno next G yang konon malah kurang disukai para konsumen. Di India dan negara2 Asia Selatan, Maruti bahkan memproduksi mobil ini hingga tahun 2005-2006.
Kini setelah 12 tahun pasca dihentikannya produksi si baleno, mobil ini menjadi biasa saja dan tampak kurang menarik bila dibandingkan dengan mobil2 masa kini. Namun ada baiknya kita sebagai pemakai baleno (baik bagi yang memang cinta mati maupun emang g ada pilihan (warisan, g punya dana buat ganti)) untuk mencermati beberapa kelebihan baleno yang tentunya bisa membuat kita makin bangga, makin cinta dan makin sayang dengan si baleno ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dari baleno:
Mesin SOHC
Pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa SOHC dibanggakan, bukannya sekarang jaman canggih yang mengagung agungkan DOHC? Sabar bro.. nanti saya jelasin.
Baleno ini menggunakan mesin G15A/G15B (saya g tau bedanya cuma di mobil saya nomor mesinnya ada tulisan xxxxg15bxxxx) mesin ini dipakai pertama kali tahun 1995 di baleno generasi awal dan masih dipakai hingga sekarang oleh APV. Intinya mesin ini masih reliable dan sangat layak untuk dipakai, terbukti ketangguhannya melewati zaman yang udah hampir 20 tahunan (tepatnya 19 tahun koma sekian bulan) dan masih dipercaya suzuki untuk menjadi dapur pacu sebuah mobil produksi terkini (kalau g mau disebut mesin ketinggalan jaman dan suzuki emang pelit buat riset... hehe itu terserah anda mau memandang dari sudut yang mana....).
Beralih ke soal SOHC, memang mesin modern sekarang rata-rata memakai DOHC karena memang akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan memang irit karena sudah dilengkapi dengan teknologi variable valve timing (pengaturan bukaan klep secara otomatis mengikuti putaran mesin contoh: suzuki dengan VVT, Toyota dengan VVT-i, Honda dengan I-VTEC, Chevy dengan VCD de el el...) tapi kalau bicara soal torsi, SOHC jagonya. Mesin SOHC akan lebih cepat mencapai torsi puncak di putaran yang lebih rendah. untuk aplikasi sehari2, terutama di dalam kota yang cenderung stop and go, tentunya ini akan lebih sesuai dan membuat konsumsi bbm lebih irit (beda urusan kalau sampeyan hobi kebut2an kecepatan tinggi d jalan tol). Mesin SOHC juga lebih ramping karena hanya memakai satu camshaft sehingga mesin lebih enteng untuk diputar, hal ini tentu mendukung irit bbm juga. (teorinya gitu..). Karena konstruksinya, mesin SOHC agak susah di untuk dilengkapi dengan teknologi variable valve timing, mungkin ini kelemahan mesin tipe ini terutama yang diaplikasikan di baleno. Namun bila produsen memang niat untuk memasang teknologi ini di mesin SOHC maka mesin ini bisa berubah jadi monster yang mengerikan. Sebagai contoh di kelas mobil dengan kapasitas 1500 cc di Indonesia, Honda (jazz, City) mempunyai mesin yang berdaya paling besar dan memiliki torsi yang cukup bagus padahal mobil tersebut hanya mengandalkan mesin SOHC yang dilengkapi dengan VTEC ataupun I-VTEC yang bahkan mesin DOHC milik toyotapun tak bisa menyainginya.
Heater.
Ini Sebenarnya fitur penting-penting g penting sih...orang kita hidup di negara tropis. Namun kadang-kadang fitur ini berguna juga, saya pernah suatu kali pulang dari bogor menuju tangerang dengan kondisi Hujan deras, jarak pandang terbatas dan muaceeettt.... disini pertama kalinya dan terakhir kalinya dan satu-satunya saya punya kesempatan untuk mengaktifkan fitur ini. sumpeh nyaman banget.. mobil jadi anget..... Lebih lagi dengan adanya heater mobil jadi berkesan lux, mahal gitu... (hehe.. itu personal opinion sih..)
ini penampakannya.. kalau tuas yang kiri bawah digeser ke kanan sampai tanda merah, maka heater akan aktif. Rata-rata mobil suzuki ada fitur ini. setahu sayaSwift dan SX4 juga memakainya.
Open Loop Injection System
ini yang bikin enak pake baleno.. mau irit atau bertenaga bisa disetel manual pake potensio yang letaknya di bawah setir. potensio ini berfungsi untuk mengatur perbandingan campuran antara udara dan bensin pada waktu iddle. perbandingan ini juga yang akan digunakan sebagai base penghitungan dalam proses pembakaran. saya akan menjelaskan cara menyetelnya di postingan yang lain.
Asbak
ini dia nih.. khusus buat para perokok, mobil ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan terutama bagi penumpang belakang. Baleno dilengkapi dengan asbak kecil pada bagian belakang konsol tengah. Mobil murah meriah rasa mewah.. hahaha serasa jadi boss dah duduk di kursi belakang baleno
Wiper Interval
Nah yang ini jarang ada yang tahu nih.. Baleno mempunyai wiper interval time sebanyak 9 percepatan.. bayangin.. 9, sembilan, nine, songo... (WTF). Mobil laen aja paling mentok punya 5 percepatan intervalnya. Saya sendiri ampe bingung ketika mengetahuinya dan yang jelas g bakal saya pake semua lah.. hehe paling yg paling pelan, tengah ama yang paling cepat intervalnya.
haha.. gimana, sudah berbangga hatikah memiliki baleno? kalau belum ya dibangga-banggain dah... orang itu mobil kita,, hehe
sekian
=============
ini yang bikin enak pake baleno.. mau irit atau bertenaga bisa disetel manual pake potensio yang letaknya di bawah setir. potensio ini berfungsi untuk mengatur perbandingan campuran antara udara dan bensin pada waktu iddle. perbandingan ini juga yang akan digunakan sebagai base penghitungan dalam proses pembakaran. saya akan menjelaskan cara menyetelnya di postingan yang lain.
Asbak
ini dia nih.. khusus buat para perokok, mobil ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan terutama bagi penumpang belakang. Baleno dilengkapi dengan asbak kecil pada bagian belakang konsol tengah. Mobil murah meriah rasa mewah.. hahaha serasa jadi boss dah duduk di kursi belakang baleno
Wiper Interval
Nah yang ini jarang ada yang tahu nih.. Baleno mempunyai wiper interval time sebanyak 9 percepatan.. bayangin.. 9, sembilan, nine, songo... (WTF). Mobil laen aja paling mentok punya 5 percepatan intervalnya. Saya sendiri ampe bingung ketika mengetahuinya dan yang jelas g bakal saya pake semua lah.. hehe paling yg paling pelan, tengah ama yang paling cepat intervalnya.
haha.. gimana, sudah berbangga hatikah memiliki baleno? kalau belum ya dibangga-banggain dah... orang itu mobil kita,, hehe
sekian
=============
Thanks Om untuk ulasan Baleno di Blog Anda.
ReplyDeleteCerita dulu ya, mengenai Baleno 2000 Milenium saya. Saya beli dari baru sampai sekarang belum ganti mobil. Ini mobil ketiga yang saya punya, dan sampai sekarang belum ganti lagi.
Pada kurun waktu pemakaian saya pernah nambah dua merek mobil yaitu Starlet dan Visto. Tapi Baleno tetap saya pegang hingga KM mencapai 200.000. Bukan karena apa Om, pertama saya ga main mobil lah, sudah pension sekarang. Itu yang pertama
Pada saat itu anak sulung saya masuk kuliah Kedokteran dan adiknya masuk kuliah hingga beberapa tahun kemudian dia sudah praktek, kayanya duit masuk semua ke pendidikan termasuk memberi mereka fasilitas transport. Dan ketika mereka selesai dan ada dana lebih kayanya jadi sayang melepas mobil ini dengan asumsi sekarang satu tahun kehilangan depresiasi mobil diatas harga seratus juta bisa hilang minimal 5 jutaan pertahunnya. Depresiasi duit jadi alasan kedua, maklum pensiunan.
Last but not least, mobil menurut saya masih layak pakai terbukti luar kota masih enak walau ada satu penyakit, yaitu temperature naik, kalau nanjak panjang, tetapi untuk jarak jauh datar atau macet parah-pun, temperature OK. Mungkin Om punya tips untuk mengatasi hal ini?
Mengenai pengaturan potensio yang ada dalam kabin untuk pengaturan O2, saya punya pengalaman kutak katik potensio ini hingga susah mengembalikan ke normal. Akibatnya knalpot yang ujungnya bersih menjadi berkarbon dan kotor. Perlu diketahui bahwa potensio AVR bukan putar langsung satu kali drive mentok, tetapi potensio ini adalah Variabel Resistor Stepper. Ia bergeser pada karbonnya ujung ke ujung melalui banyak sekali putaran 180 derajat yang berulang ulang. (wah nggak bisa nggambar untuk comentnya, ya!!)
Untuk mengembalikan ke normal dan sekarang sudah OK adalah dengan cara berikut. Asumsinya adalah posisi resistansi ada ditengah antara 0 hingga 50KiloOhm. Maka lepas dulu potensio dan tempatkan ditengah skala dan nilainya sekitar 25KOhm. Done!! Sekarang knalpot bersih dan busi putih kembali.
Oh, ya. Perubahan yang dilakukan adalah dengan menambah tuas pengenteng kopling, itu saja.
Salam dari Bekasi.
sorry om, telat reply.. belakangan saya sibuk jadi g sempat cek blog ini. untuk temperature yg panas ketika nanjak kira2 seberapa ya om (diukur dari meteran suhu di deket speedo) apakah sampai full?
Deleteuntuk masalah potensio sebenarnya bisa diukur via voltase om.. saya sebenarnya sudah draft postingan tentang potensio adjuster (khusus baleno yak), namun foto belum sempat saya upload (masih di kamera) dan sekali lagi karna emang lagi sibuk jadi belum sempat diposting hehehe.
kalau emang berminat diskusi silahkan kontak saya via email boleh om, kebetulan saya juga domisili di bekasi.
salam
Mohon pencerahan cara mensetting Open Loop Injection System nya om..Baleno saya matic 2001..Hatur nuhun sebelumnya.
DeleteMaap om dede, saya lagi di luar negeri sehingga belum bisa posting terkait hal tsb. Sebenarnya artikel sudah selesai namun karena belum sempat ambil photo (biar jelas gitu) ya belum saya posting di mari.
DeleteMalam bg ..
DeleteSy baru pakai Baleno 2001..
Udah masuk bgkel ..
Sblm da sesuda masuk bgkel , ad satu masalah yg mekanik ny blg "Baleno mmg GT bg"..hehe
Mohon pencerahan bg .. kalau lagi jalan ..apa semua Baleno pasti ad nyendat2 GT sekali2 ..
Terus kl stir agak2 bawa ke kiri , apa harus dipasang baut Chamber ya ? Krna katanya Baleno it ga punya Chamber ..
Hahaha ..sy kurang paham bg ..
Mohon pencerahan bg ..
Terimakasih ...
Malam bg ..
DeleteSy baru pakai Baleno 2001..
Udah masuk bgkel ..
Sblm da sesuda masuk bgkel , ad satu masalah yg mekanik ny blg "Baleno mmg GT bg"..hehe
Mohon pencerahan bg .. kalau lagi jalan ..apa semua Baleno pasti ad nyendat2 GT sekali2 ..
Terus kl stir agak2 bawa ke kiri , apa harus dipasang baut Chamber ya ? Krna katanya Baleno it ga punya Chamber ..
Hahaha ..sy kurang paham bg ..
Mohon pencerahan bg ..
Terimakasih ...
mohon pencerahan'y om.
ReplyDeleteBaleno saya kalo lari diatas 100km/jam, pas injak pedal rem terasa goyang dan bergetar..
thanks regards
Arif dari Bogor
Kalau bergetarnya "cuma pas rem di injak", berarti piringan rem (disc brake) nya sudah bergelombang om. Bisa dibawa ke tukang bubut untuk diratakan kalau belum parah. Namun akan lebih baik lagi jika ganti disc nya, supaya lebih safe.
DeleteOm.mohon bantuan nya.Saya ada baleno thn 2000.bermasalah dg rem selalu macet.padahal master,sil belakang n kaliper rem uda ganti.tapi tetap aja macet.
DeleteOm admin...ci adjuster milik saya sepertinya sdh rusak krn diputar berapa kali pun nilai tahanannya tidak berubah, baleno saya terlihat boris minyak. Penyetelan co ini mungkn ada pengaruhnya.
ReplyDeleteOm ada saran tempat penjual co adjuster baleno? Td barusan tanya diberes harganya gak masuk akal 350 rb...
Di cek saja dulu om, kan di potensio ada 3 kaki, siapa tahu om salah colok jadi hambatannya tak berubah. yang harus dicolok adalah di kaki tempat arus masuk dan arus keluar menuju ECU. jangan salah nyolok ke kaki yg bermuatan negatif
ReplyDeletePada dasarnya potensio adjuster tersebut adalah variable resistor (mirip dengan potensio di radio) dengan besaran hambatan 0-50 K ohm (mohon dikoreksi kalau saya salah) mengacu pada hal tersebut maka bisa saja kalau diganti dengan variable resistor biasa yg berkaki 3 dan mempunyai nilai hambatan yg sama. bisa di beli di toko alat elektro terdekat di kota anda dengan harga yg saya yakin g sampai 10 ribu rupiah. ya tapi mungkin bentuknya agak aneh meskipun saya yakin bisa berfungsai normal.
untuk cek harga spare part bisa disini saja http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx
untuk baleno memang sudah tidak ada, namun sebagian besar part mesin bisa memakai APV karena mesinnya sama ( G15)
Salam kenal om.
ReplyDeleteOm rumahnya di bekasi ya. Boleh ga saya minta di cek mobil baleno 2000 saya. Ntar saya kerumah gan
Om mau tanya tutup air filter udara yang sama dengan baleno mrek mobil ap ya om, mslhnya tutup it ssh carinya didaerah saya, mohon pencerahannya oom
ReplyDeleteOm mau tanya tutup air filter udara yang sama dengan baleno mrek mobil ap ya om, mslhnya tutup it ssh carinya didaerah saya, mohon pencerahannya oom
ReplyDeleteTutup yang ori atau after market om?
Deletekalau yang ori mungkin bisa dicoba dengan mobil yg memakai mesin sama seperti APV, escudo 1.6 (yg lama sebelum tahun 2000) namun saya g jamin kalau sama ya..
kalau mau mudah pakai saja produk after market yg tipe open filter (model jamur)
atau kalau mau agak ribet dikit bisa pesen via online, di FJB banyak yg jual sparepart baleno om.
Saya punya baleno dx 2000
ReplyDeleteTp pas kecepatan di atas 80 km/h kok mobil getar semua ya
Kira kira apanya itu om
Makasih...
yang getar di sebelah mana om? getar dari mesin bisa, tandanya mesin sudah tidak balance. Atau yang paling sering adalah roda tidak balance, bisa jadi velgnya atau roda benjol.
Deleteom coba aja konsultasi ke bengkel kaki-kaki dan finish balancing semoga cepet sembuh om...
salam
Ini saya pernah ngalamin. Kalo punya saya , masalah itu dikarenakan oleh ban yang sudah getas/keras. Ban saya waktu itu achiles keluaran Multi strada tahun 2006. Pas saya ganti dengan turanza Bridgestone 2016. Di gas sampai 140 belum getar tuh, mungkin bisa lebih
DeleteSaya peenah mengalami mobil getar seperti Koh Ahsan. Ternyata ada satu ban yang benjol alus.
DeleteSelamat malam om..saya pendatang baru..saya punya baleno 97..saya punya masalah..klw saya masuk gigi satu kemudian jalan..kenapa ya jalan nya mobil agak endut edutan dak normal gitu..atau agak tersendat sendat..mohon pencerahan nya..
ReplyDeleteDan satu lagi apa yg membuat spedemeter gak bisa berpungsi.
trims om sudah mamppir, berikut komen saya:
Delete1. endut endutan (biasanya gigi 1 or 2) dikarenakan:
- Throttle body, bersihkan and periksa packingnya, jangan sampe bocor
- pengapian: cek busi, setel gapnya sesuai standart. Koil juga pastikan masih bagus dan tidak bocor. kalau koil baleno biasanya bocor di sambungan antara badan koil dan kabel utamayg mengarah ke busi
- supply bensin, cek apakah supply bensin lancar. caranya cabut selang bensin dari filter (yg item di firewall mobil) ke arah injector trus on kan kontak (g usah distater) klo bensin nyembur kencang biasanya masih bagus.
- ada sensor yg kerjanya tidak sempurna: nah ini harus dicari atu2.. dari cmp, ckp, vss dll
2. terkait speedo, cek aja apakah rpm meter dan fuel meter masih fungsi. kalau mati bisa jadi kabel ke speedo bermasalah. kalau masih hidup bisa jadi Vehicle Speed Sensor (VSS) sudah mati. tinggalin email aja om, nanti saya email cara ngecek VSS. letak vss sendiri ada di atas transmisideket sama tuas pengungkit kopling. saya pernah ngalamin ini dan beli barangnya di senstosa, atrium senen sekitar 400 ribuan.
salam
misi om mau tanya , baleno saya 1997, kalo mau jalan tuas kopling nya susah balik, kadang lancar kadang gak, kalo dah dijalan raya lancar2 aja...kira2 masalahnya dimana ya om..? kabel kopling naru ganti.
ReplyDeletewadhuh... saya belum pernah ngalamin om... jadi belum bisa ngasih tahu. maap banget om. tapi klo kita telusuri dengan seksama, kemungkinan troublenya bisa kita kelompokkan ke tiga hal sbb:
Delete1. Tuas kopling di dalam mobil: ada kemungkinan pernya udah seretjadi susah balik. utk ngecek, lepas aja kabelnya dari tuas, trus mainkan n injek2 tuas koplingnya. kira2 lancar g?
2. kabel kiopling seret: kalau habis ganti biasanya sih bagus jadi kita bisa abaikan kemungkinan yg ini.
3. mekanisme dalam bak kopling: ini kayaknya yg jadi tersangka utama. apalagi menurut mas klo udah jalan fine-fine wae... terus terang saya buta dengan mekanisme kopling jadi g bisa bantu banyak.
salam
Mas rangga mungkin ini artkel bisa saya jwb berdasarkan pengalaman sy dgn baleno 97,trouble mas rangga ini ada di kanvas kopling yang mulai tipis atau sudah habis efeknya selip..coba mas periksakan ke bengkel mengenai kanvas kopling dan mataharinya...dan periksa kembali per pedalnya yg sudah tdk layak pakai sesuai penggunaan waktu yang lama..jd 1 periksakan per pedalnya 2 periksakan kanvas koplingnya juga dan mataharinya...semoga membantu..tetap semangat..baleno numero uno
DeleteMisi om mau nanya, rpm di speedo msh nyala, tapi untuk ukuran kecepatan udah mati, kira2 dmna masalahnya?
ReplyDeleteNanya lagi om, apa delco baleno 97 bisa pakai delco APV?
soal speedo hampir pasti masalahnya di vehicle speed sensor (VSS) atau kabel yg dari vss ke ECU. VSS sendiri letaknya di atas blok transmisi. harganya sekitar 400 ribuan.
Deletekalau soal delco saya kurang tahu om, soalnya baleno saya tahun 2000 udah distributorless, jadi g pakai delco lagi.
salam
Selamat malam Om saya punya Baleno matic 2001, kira kira oli jenis apa yg cocok utk transmisinya ? Kemudian kaca depan sdh mulai buram, kira kira diganti baru yang ori ada ga ya
ReplyDeletewadhuh kalo matic saya ndhak tau om.... terkait kaca, kemungkinan ada, cuma barang langka n mahal. kalau tidak baret n cuma karena banyak water spot ataupun jamur, kenapa tidak di poles aja om? murah kok, mungkin sekitar 100-200k di salon mobil.
Deletesiang om...butuh pencerahan atuh?mau tanya nih?baleno saya ko kipas radiator nya gk jalan setiap sy panas kan dan posisi Ac sy nyalakan?gmn tuh om apa kipasnya rusak apa memang sperti itu??atur nuhun
ReplyDeleteCoba di cek dulu om... apakah kipasnya mati terus atau kadang hidup.
DeleteKipas baleno ada otomatisnya, jadi hanya hidup pada suhu tertentu (seingat saya emang agak panas baru hidup) dan bahkan ketika mesin panas dan mesin dimatikan, kipas masih hidup (selama kontak masih nempel yah)
salam om
Selamat siang....
ReplyDeleteMau tanya letak sekring lampu kabin n lampu atrek dmn ya Om? Soalnya lampu atrek/mundur udah gk nyala n lampu kabin saya udah coba beli baru tpi gak ttp gak nyala... Thx before...salam hangat
Sorry lupa..untuk baleno tahun 2000
Deletekotak sekering ada di dalam ruang mesin om.. depannya penumpang depan ada kotak item.. buka aja, cari yg tulisannya doom. sama yg di bawah dashboard kanan, deket setir, atasnya pedal gas,
Deleteitu yg untuk lampu kabin ya om.. utkk lampu atret saya g tau ada dimana...mohon maap ndak bisa bantu
salam
Saya pernah alami lampu atret gak nyala
DeleteKerusakan ada di switch atret yang ada di blok gardan
mas mau nanya itu switch atret dimn iy aku nyariin sampei puyeng gak ketmu.baleno metic 2001 atau 2000 kalo bisa fotin mas
DeleteMau nanya gan.
ReplyDeleteKalo jendela ditutup rapat kan kita harus nyalahin AC. Nah kalo kita nyalahin heater nya trus panel AC tetap diposisi off atau di geser ya?
Dan semisal di nyalahin bikin kaca dalam ngembun enggak?
Soalnya ane kemaren cuman nyalahin AC di posisi satu geseran tetep parah ngembun nya di kaca.
Thanks...
untuk menyalakan heater, caranya sama seperti menyalakan ac gan, on kan ac, tuas blower bisa di posisi 1-4 (bebas) kemudian tuas satunya (pengontrol suhu) digeser ke kanan kearah warna merah. heater akan aktif gan tetapi udara yg keluar baru akan terasa panas/hangat jika mesin sudah panas (heater corenya memakai air radioator.
Deleteterkait embun, sebenarnya embun kan terbentuk akrena tingginya kelembababn udra dalam mobil gan, kalau g mau embun ya nyalain ac saja karena ac akan menghilangkan/menurunkan tingkat kelembaban di dalam udara.
regards
Selamat malam pak, saya tertarik dengan ulasan bapak,dan berencana membeli baleno,kira" tips yang perlu diperhatikan pada saat cek baleno yg akan kita beli dan apakah perawatan baleno mudah? Terimakasih
ReplyDeletesalam om, semoga sudah jadi beli balenonya, punya saya malah sudah masuk list jual karena saya akan pindah ke negara lain.. :D
Deleteyg jelas ada 3 hal utama yg harus diperhatikan kalau mau beli baleno mengingat umurnya yg sudah dewasa:
1. Body, kalau ini general banget,
2. Mesin, biasanya penyakit baleno adalah pengapiannya, cek kondisi koilnya, biasanya kabelnya sudah getas dan miss fire, cek riwayat service, dan perhatikan mesinnya, apakah halus, betrtenaga, dsb. trus jangan lupa juga cek knalpoynya ngebul atau tidak.
3. Kaki2, ini masalah klasik baleno, karena usia dan berpenggerak roda depan, biasanya kaki depan gampang keseleo. cek balljoint, tierod dan karet sambungannya. coba di tes jalan, apakah ada bunyi gemuruh.
4. AC, ini vital karena biasanya pemilik jarang servis ac (hanya servis kalau sudah rusak). ac juga sangat menentukan fuek consumption bagi baleno.
salam
Ada yg pernah ganti kontrol wiper dan lampu di bawah setir itu... sy butuh plastik dudukan yg di dalam... itupun hy plastik yg bergerak... tempat ujung kontrol wiper dan lampu di dalam... punya sy pecah. Please sent me message... mashudi3hs@gmail.com
ReplyDeletemaaf om, saya belom pernah ganti sih,tapi untuk mengakali mungkin bisa di lem pakai dextone/araldite, kemudian dihaluskan lagi.
Deletesalam
Pagi pak,,
ReplyDeleteSaya pemakai baleno 2001
Masalah Nya,, Kalo Pagi Mobil distater,, okk,
Tapi Kalo jalan be berapa kilo meter,, tau,, tau mesin mati,, biasanya mesin mati Kalo posisi Mobil berjalan langsam,, atau sedang tekan kopling,, setelah mesin mati,, distater rada susah,, mesti nunggu be berapa saat,, baru mesin MAU hidup,, dan kejadian nya berulang seperti itu terus,,
Masalah yang kedua,,
RPM Malah Turun Kalo ac di nyalakan,,
Awal 1000 tpi Kalo ac nyala jadi Turun 800
Mohon pencerahaan Nya pak,, terimakasih,
begini komen saya:
Delete1. mesin mati setelah beberapa lama, biasanya dikarenakan fuel pump yang lemah, setelah jalan dan mesin panas, FP tidak kuat memompa lagi. coba matikan mesin, dan on kan kontak. Dengarkan bunyi mendengung yg dihasilkan oleh FP, apakah lama? atau sebentar. Biasanya kalau mendengung lama, FP sudah lemah.
2. RPM turun ketika ada beban (AC, Lampu) biasanya karena iddle upnya bermasalah. sensornya ada di sebelah kiri Throttle body, coba di cek dulu. terkait harga, saya kurang tahu, mungkin bisa hub. sentosa motor di atrium senen.
Selamat malam om... Mohon maaf mau tanya ane pake suzuki baleno 2001 kenapa ya kalo di rem rpm turun bahkan parahnya mesin jadi mati. Padahal kalo mesin dingin terus di idupin rpm tinggi... Mohon pencerahannya gan.?
ReplyDeletecoba cek iddle upnya mas, sesuai komen saya diatas.
Deletesalam
Ijin menambahkan. Kalau direm lalu mesin terganggu mungkin booster rem nya sudah bocor sehingga oli rem atau udara terhisap ke dalam mesin.
DeleteSalam kenal pak.mohon pencerahannya waktu sy perjalanan luar kota tau2 ac ga dingin padahal lg hujan...ac keluar dingin tp kecil waktu sdh sampai tujuan di dasbord keluar suara gemuruh kayak ac nya keluar di dlm dasbord knp ya pak. Trima kasih
ReplyDeletemau nanya dulu om, pas g dingin apakah sebelumnya keluar asap putih seperti kabut dari kisi2 AC?
DeleteKarena dari gejala yg disebutkan, suara gemuruh disebabkan oleh evaporator yg mampet sehingga udara tertahan di salurannya. hal ini sangat mungkin mengingat kondisi saat itu hujan yg menyebabkan ac dalam kondisi dingin maksimal.
biasanya permasalahannya adalah thermister ac (sensor suhu di evap) sudah mati/sudah mengalami perubahan ukuran resistornya sehingga AC tidak bisa cut off ketika suhu evap rendah dan mengakibatkan Evap beku. solusinya ganti saja, bisa di bengkel AC.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteselamat malam om maaf saya mau tanya kalau oil masuk ke radiator itu masalahnya apa ya? terima kasih sebelumnya
ReplyDeletebahaya itu om, kalau oli masuk radiator, berarti coolant juga masuk ke jalur oli. biasanya ada seal di jalur air pendingin (yg di dalam mesin) yg bocor. untuk mengetahuinya harus turun mesin
Deleteistilah bahasa inggrisnya "blown head gasket", bahasa kitanya "paking silinder kop jebol" hehe.
Deletepermisi om mau tanya, saya pakai baleno tahun 2002, dengan KM 213,xxx oli tidak pernah telat,sudah peremajaan parts kopling dan matahari, kuras tanki, ganti filter bensin yang ditanki dan dikap mesin,pake paertamax,busi baru service throtle rutin, ganti filter oli setiap 5000 km, yang mau saya tanyakn :
ReplyDelete1. waktu diposisi gigi 2 dan 3 ndut ndutan yang tapi kalo sudah masuk 4 tidak..?
2. tarikan di putaran bawah waktu gigi 2 dan 3 berat kenapa ya om, tp waktu pada posisi gigi 1 dan 4 tidak ya om
3. lalu standart fuel konsumsi baleno 2002 itu berapa ya om
4. trs shock braker nya baleno yang standart jika hanya di isi satu orang memang keras ya om
5. tp yang bikin kece baleno nie ane pernah tes ditol tembus 130 Kph (untuk mobil tua standart spech masih ok) hanya hal hal tersebut om yang masih pe-er ane om... ud coba tanya tanya sama dokter mesin tp masih belum tuntas... terima kasih om atas waktunya...suksess selalu dengan baleno nya om om Baleno Owner....
begini om komen saya:
Delete1. sama, saya juga mengalaminya, emang ini misteri yg belum terpecahkan :D
2. kemungkinan om ngegasnya dari RPM bawah (sekitar 1000) karena baleno ada teknologi anti detonation (retarded timing ignition) jadi ketika di RPM rendah di gas penuh, ECU memerintahkan semprotan bensin ke combustion chamber diperkecil dan pengapian disesuaikan. efeknya, tenaga seperti tertahan. ( saya mengalami kalau menanjak pakai gigi 2) tapi untuk gigi 1, rumus tersebut tidak berlaku, sehingga tenaga bisa lepas di gigi1
3. standard FC bervariasi om, saya pernah mengalami 1:6 sampai 1 :17 tergantung kondisi mobil, setingan, dan jalan yg kita lewati
4. udah mati kali om, punya saya lembut, apalagi kalau yg belakang
5. jangan kenceng2 om.. bahaya, saya maks pernah 150 di jagorawi, tapi itu dulu, jaman masih garang. sekarang mah,, selow aja
salam
Salam kenal Om/Pak Admin. Baleno saya juga ndut2an di rpm 2000 kebawah, setelah lewat 2000 lancar bahkan tarikan naik. di rpm 2000 ke bawah itu kalau gak ndut2an, makin digas malah makin berkurang tarikannya.
DeleteMau tanya ke siapa aja, sy berencana beli baleno, tp msh ragu, baleno apa baleno next g, nah menurut agan2, mending mana, baleno atau baleno next g ? Trims....
ReplyDeletetergantung tujuan agan sih, kalau next g lebih baru, mesin sudah DOHC, tapi model banyak yg suka yg lama...
DeleteWah baru ketemu blog ini lagi. Saya mau cerita horor tentang mobil ini yang ada hubungannya dengan komen saya paling atas.
ReplyDeleteBerangkat dari Bekasi ke Tasikmalaya sebenarnya sudah terasa ngga enak karena sudah terlanjur ikuti petunjuk bengkel pakai saja tutup radiator dari asli 0,9 ke 1.0 untuk atasi radiator yang temperatur baik. Memang gak masalah penggantian ini untuk jarak dekat.
Temperatur panas radiator kembali bermasalah ternyata untuk kecepatan tinggi di Tol dan ternyata menjadikan sering harus berhenti mendinginkan mesin.
Puncaknya sebelum 10Km sampai di Tasikmalaya bagian atas radiator jebol! Tanggung akhirnya sampai di tujuan dengan berkali-kali isi air.
Kesimpulan walau beda tipis nilai tekanan tutup radiator jangan disepelekan.
Thanks bengkel radiator di Tasikmalaya yang sudah ngganti bagian atas radiator pakai bahan tembaga dan tutup radiator baru paka6nilai 88kpa..
ini saya juga masih bingung om, dulu saya pakai 0.9, tapi pas maen ke beres suzuki, ada baleno 2000 yg lagi nginep, dia pake 1.1. Sekarang saya sih mantep pake 1.1, alhamdulilah gpp, padahal sering mudik ke jogja. yg jelaskelemahan tutup radiator yg tidak sesuai:
Delete1. terlalu kecil: mesin tidak mencapai suhu kerja optimal, jadinya lebih boros, dan ada kemungkinan AC kurang dingin (karena fan radiator lebih jarang berputar)
2. terlalu tinggi: ini bahaya, radiator bisa jebol, apalagi selang2nya, tidak kuat menahan tekanan.
salam
mungkin radiatornya sudah banyak jalur yang mampet Om, sehingga bikin jebol tutup/cover atasnya. kalau pakai air (tidak pakai radiator coolant) biasanya lebih sering mempet/buntu.
DeleteAss. salam kenal dulu Om
ReplyDeleteKira2 baleno tahun berapa yang lebih irit dan mudah perawatannya ?
Terima kasih sebelumnya.
kalau yg g ribet jangan pake baleno om, maklum mobil tua, pasti minta jajan. wkwkwk
DeleteSampai penggunaan dari tahun 2000 saya relatif puas dengan performa Baleno saya.
DeleteDalam kurun waktu tersebut saya juga memiliki beberapa mobil berganti ganti sampai 4 merek atau jenis, tapi sekarang tinggal ini yang saya pakai dan mobil anak anak saya sebagai perbandingan baleno tua saya.
selamat siang, salam kenal :
ReplyDeleteMau nanya nih, mobil saya Baleno DX 1998 1,6 cc,kendalanya :
1. RPM tidak setabil, sudah stelan di injeksi juga sudah dilakukan, tetap tidak stabil.
2. Jika malam lampu spedometer berkedip2.
mohon pencerahan, terima kasih.
1. mesin pincang g om? lampu chek engine nyala g? kemungkinan sensor2nya atau koilnya om.
Delete2. coba cek harness kable yg ke speedo, biasanya kendor
Hi salam kenal..
ReplyDeleteDari ulasan diatas dan beberapa artikel lainnya apakah benar baleno next g itu memiliki satu kelemahan yaitu gampang over heat?
Atau over heat adalah hampir semua kendala mobil bukan hanya baleno...
Mohon pencerahannya...
Menurut pendapat saya sih om, semua mobil 90 an keatas tidak bakal overheat kalau sistem pendinginannya sehat, coba di cek, apakah air radiator berkurang terus? atau sirkulasi air dalam radiator terhambat?
Deletesalam
Tutup radiator paling sering diremehkan dalam kasus overheat..
DeleteHi salam kenal...
ReplyDeleteApakah ada yang tau club baleno next g atau aerio disekitaran daerah bogor????
Buat tambah teman dan share pengalaman tentang baleno dan aerio...
maaf kalau club saya kurang tahu om, saya g pernah ikutan club, cuma pemekai pribadi aja..
DeleteOm nggak punya fb WA atau yg lain po Om ?
Deletewah.. nanti kepublish jati diri saya om... klo mau kontek saya, tinggalin aja email om disini, nanti saya kontek balik.
Deletesalam
Sharing mengenai Baleno endut endutan pada RPM rendah.
ReplyDeleteMasalah saya temukan di body coil yang bocor.
Ditempat gelap terlihat bunga api meletik dari body coil yang bocor ke body mesin bersamaan dengan mesin yang batuk.
Solusi murah: isolasi gap antar coil dan body mesin dengan lempeng plastik. Sudah hampir setahun gak ada kejadian mesin batuk batuk lagi...
om, bisa di kasih dokumentasi? kayaknya asyik kalo di publish. saya pernah kayak gtu, tapi cuma saya lem pake dextone di sambungannya.
Deletesalam
wow iya juga, tapi kenapa endut2annya cuma di RPM rendah ya. saya masih belum dapet feelingnya nih kenapa problem seperti ndut2an/batuk2 hanya terjadi di RPM rendah
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSharing sedikit om :
ReplyDeleteSaya punya Baleno Next G tahun 2003 tarikan masih enteng om dibanding Neo Baleno yang keluaran habis Next G, ini mobil enak dan nyaman kalo menurut saya om, saat di tol jemput ortu ane ke bandara, iseng ane coba bawa keceng nih mobil om. Gak sadar kecepatan udah 120km/jam dan itu mobil gak goyang/melayang sama sekali gan di banding avanza atau xenia , saking enaknya nih mobil di bawa sampe ane terlena bawanya gan hehe . Tp keesokan harinya, ane coba mobil sdr ane Neo Baleno 2008 pas sebelum coba ane pikir ini mobil lebih manteb lah dr punya ane, secara dia lebih muda tahunya, dan ternyata pas di coba kok tarikan awal kerasa berat om, beda sama versi next G dan DX, di tambah kecepatan baru 105 km/jam kok udah goyang yaa, saat ane tanya ke sdr ane, dia bilang padahal service rutin dan resmi om di suzuki, tp setiap di bawa selalu begitu, itu kenapa yaa gan kalo boleh tau? Apa memang versi Neo Baleno itu beda jauh dengan DX dan Next G.
Tp kalo Si next G ane emng di akuin enak gan sama ortu ane hampir setara lah sama Innova ortu yg tahunya jauh lebih muda 2011
saya kurang atu detailnya om, tapi kalau soal mesin sekilas begini:
Delete1. NExt G dan Neo Baleno sama2 memakai mesin M15 dengan spek yang sama, perubahan mungkin minor di sektor ECU sehingga tenaga dan torsi berubah sedikit. mengingat body Neo lebih besar, sangat mungtkin kalau power to Weight rationya kalah dibandingkan neo baleno.
2. Baleno DX (2002 kebawah) memakai mesin G15/G16 (1999 kebawah) yang sekarang dipakai APV, mesin ini masih SOHC, sehingga kalau tarikan atas pastinya kalah dari mesin M15 yg sudah memakai mesin DOHC.
3. soal goyang di kecepatan tinggi, faktor yg paling berpengaruh adalah roda, suspensi dan setir om, soalnya saya pernah pakai X over (versi hatchback dari neo baleno) dan mulus aja tuh di kecepatan 140.
Siang Om , butuh pencerahan .untuk RPM dan Sensor suhu tidak berfungsi setelah nambrak lubang ..itu sensor nya dimana ya letaknya
ReplyDeleteTerimakasih atas bantuanya
siang om, kalau sensor RPM, letaknya di dalem mesin om, saya kurang tahu pasnya dimana. Kalau sensor suhu (engine coolant temperature sensor) letaknya di deket selang gede yg dari radiator. kalau kita dari depan mobil, di tengah agak kanan dikit ada selang besar yg masuk mesin, nah di blok mesinnya itu ada sensor.
Deletesalam
Ijin menambahkan Om, kalo sensor rpm kalo gak salah di delco (model 97), atau di CMP (model 2000). kalo jadi gak berfungsi setelah nabrak lubang mungkin socket/kabel nya aja yang jadi gak konek Om, CMIiW.
DeleteMohon izin om... newbie
ReplyDeleteSya mau tanya.. kira2 biaya ganti metal ( di dalam mesin) apa kah harus 1 set.. dan di lumer lagi...?
Kira2 berapa biaya untuk ganti power stering...
Mohon pencerahan nya om...
klo ganti metal, baiknya emang satu set om, untuk biaya saya sendiri kurnag tahu karena belom pernah. namun untuk gambaran saja, untuk ganti metal harus turun mesin, mungkin sekitar 3-5 juta om, saya sendiri kurang tahu.
Deleteuntuk power steering, keluhannya apa? karena biayanya juga tergantung kerusakan. kalau selang hi pressure, cukup murah, bisa 200 an selang saja (beli di tango motor) kalau service pompa atau ganti pompa jelas lebih mahal. Saya terakhir service ke botak seng, jatiwaringin, kena 1,3 kalau tidak salah servis pompa, ganti selang hi pressure, dan seal2. garansi setahun, dan sampai sekarang maknyus (service bulan desember 2015)
salam
Perkiraan 3 -5 juta apa sudah include ongkos kerja om...?
DeleteTrus apa kah wajar baleno 2000 sudah harus ganti metal dengan umur segtu... hehe
mohon izin om..saya dari kaltim, dan disini sedikit sekali yang mengerti tentang baleno, mobil sy baleno 2001. permasalahan pertama mbl sy spedoometernya mati, tapi rpm ttp jalan, apakah itu sensornya yang rusak? belinya dmn ya om? dikaltim sy pesan dibengkel tertentu sudah 6 bulan ngga datang2. terusyang kedua air radiator saya selalu habis, padahal sudah dicek radiatornya ngga ada yg buntu. kata temen saya si ada rembes di pakop (ngga ngerti tulisan yg bener) mesin. mohon pencerahannya om. terima kasih.
ReplyDeleteoia om.. kalau bisa tolong dibalas ke email sya.. garcinia.indi86@gmail.com
Deleteterima kasih
This comment has been removed by the author.
Deletesiang om, terkait speedo, bisa dipastikan VSS (vehicle speed sensor) mati, saya dulu beli di atrium senen di sentosa motor (bisa pesen via online/telp, googling aja om, pasti nemu) harga 350-450 saya lupa
Deleteuntuk radiator, kemungkinan memang bagian head radiatornya yg rembes kayak punya saya, coba cek di sambungan antara bagian bawah (yg ada sirip2nya) dengan bagian atas yg dari metal/plastik, biasanya ada bekas air mengering disitu. solusinya ganti head radiator, bisa di tukang radiator.
atau kalau tidak, coba cek apakah oli berwarna putih seperti susu, kalau memang iya, berarti air masuk ruang mesin, harus dilihat saluran air di mesin untuk memperbaikinya.
oke om, tanks berat.. satu lagi om, diknalpot saya ada keliatan rembesan air, apakah itu karena pengaruh head radiatornya yang rusak?
Deletetanks berat untuk pencerahannya.
Assalamualaikum. Salam kenal dr jogja om, sy menanyakan suzuki baleno thn 97 sy, kok ke dua kali ini mesin mati sendiri saat dipanasin di garasi? Pdhl suplay bensin lancar saat dilakukan pengecekan dgn kunci diputer setengah, bensin nyemprot dr slang.
ReplyDeleteLebaran tahun lalu awal mula matinya mesin, smp baleno diderek mobil bengkel, eh sampe bengkel saat distarter mesin nyala. Smp dititipin seminggu di bengkel, utk dites dan dicek, dan mesin nyala normal nggak mati mati.
Nah Kejadian puasa ini. Mesin mati saat dipanasin. Itu penyebabnya apa ya om?
siang om,
Deletekasus ini agak sulit karena om g jelasin pas mati gejalanya seperti apa. Apakah tersendat dulu, getar, pincang, atau normal langsung mati. Mungkin bisa diinfokan dulu gejalanya supaya lebih enak analisisnya.
Aniwe kita tetanggaan om... dan baleno saya mau dijual, sukur sukur kalo om mau hehehe....
Salam kenal mas saya juga darijogja, semoga bisa sharing bareng tentang baleno saya juga awam www.jayabhaya.com
DeleteOm,,mau tanya ni mobil baleno ane tahun 2001 jam & tape cd nya ga nyala..mohon kasih pencerahannya dong..kalo yg lain semuanya normal..
ReplyDeletekabelnya kalitu om.. kabel power yg ke arh jam and Head unit pasti ada yg putus. om siap2 aja jadi tukang urut kabel. tempatnya di dalem dashboard, lepas HU dulu dengan melepas panel yg ditengah itu om.
Deletesebelumnya salam kenal om, saya fajri, saya punya baleno 2000, dan saya awam banget tentang mobil, kebetulan check engine saya menyala, tp kadang mati, kadang nyala lg, trus saya bawa kebengkel dan ternyata baru tau yang dicek oleh bengkel adalah VSS nya, disemprot2 trus check enginya mati, tp ga lama skrng nyala lg, trus saya scan manual dengan jumper dan ternyata hasilnya menunjukkan 2 4 , yang berarti emang VSS nya yang bermasalah, saya baca2 komentar diatas dan ada balesan kayak gini "kalau masih hidup bisa jadi Vehicle Speed Sensor (VSS) sudah mati. tinggalin email aja om, nanti saya email cara ngecek VSS. letak vss sendiri ada di atas transmisideket sama tuas pengungkit kopling. saya pernah ngalamin ini dan beli barangnya di senstosa, atrium senen sekitar 400 ribuan." yang saya tanyakan gmn cara ngecek VSS nya, terimakasih sebelumnya, email saya fajrie.xp@gmail.com
ReplyDeletemaaf om, saya udah move on dari Indonesia. kebetulan file2 terkait baleno ada di HDD di Indonesia semua. sekali lagi maaf om. salam
DeleteSelamat siang,salam kenal..
ReplyDeleteMau tanya mas,baleno saya thn 2001..tp kok boros sekali yaa,apakah pakai knalpot racing bisa mempengaruhi konsumsi bbm.
Oli transmisi sy ngetes dr bawah..kira" estimasi biayanya berapa yaa.
Terimakasih.
klo kenalpot racing sudah tetu boros om, sudah hukum alm itu. terkait oli netes, bisa jadi cum seal2nya yg bocor. coba om periksa di sebelah mana letak bocornya (tepatnya) klo estimasi biaya saya kurang tahu om, tapi siapin aja dana agak banyak karena itu sama aja dengan turun transmisi.
DeleteMakasih yaa oom informasinya..
Deletemalam om.. saya punya baleno 2000 manual.. panel ac yg buat pilihan dingin di badan semua kok gak fumgsi ya.. jadi ac arahnya ke kaki.. ada solusi om ? makasih sebelumnya..
ReplyDeleteyg g fungsi yg ke badan aja om? klo dsetel ke dua arah (badan dan kaki) masih fungsi g? klo disetel ke dual terus keluarnya ke kaki aja, berarti salurannya yg buntu, tapi klo disetel ke dual bisa lancar keluarnya angin (ke dua arah) dipastikan tombol untuk memindahkan angin ke badan yg rusak. kalau yg ini solusinya buka panelya om. trus di tes pake multitester, ada jalur/ kabel yg putus atau tidak
Deletesalam satu jiwa
ReplyDeletesalam kenal om, mau naya ni saya punya baleno 2000 manual ada beberapa keluhan ampe sekarang ane lom dapet jawabanya, uda bolak balik ke bengkel dan ganti bengkel permasalahan ampe saat ini selalu tetap :
1. agar baleno ane bisa irit gimana om
2. kalo abis di pake posisi mesin mati selalu keluar suara dari mesih seperti air yang sedang mendidih ( uda cek radiator dan selang tetep aja)
3. letak sikring audio di sebelah mana
maap ane awam akan mobil.
makasi om saya tunggu pencerahannya ya
salam satu jiwa lagi
lgsung aja ya om.
Delete1. biar irit, ac sehat wal afiat, bisa cut off, stel kelp renggang, setel gap busi sesuai standar, setel co voltasenya dibawah 2,5v. n yg paling penting, sekolahin kaki kanan om. oiya jangan lupa tekanan ban dijaga 30 psi
2. 2. saya belom pernah ngalamin om, maap tak bisa bantu
3. kotak sekering di bawah setir om, dalem dashboard coba aja cek nanti ada kok tulisannya sekering apa2 aja
salam
Salam Gabung Om Moww..
ReplyDeleteDr artikelnya sptnya kita sama2 pake evaporator Non Genuine, dmn pendinginan tdk maksimal, alias kondisi macet trus terik siap2 baris blakang ngluarin kipas,hehe..yg mau saya tanya..
1. Bisa gk y kita Ganti sendiri tuh evap (rencana mau beli yg denso), kalo bisa ksh tutorial dong om .. ^.^
2. Udh pernah ganti lampu dasboard sendiri blm om, ribet gk sh?hehe..pengen nyoba bongkar sendiri soalnya mati satu yg sblh kiri
Thanks om, bales y,ato bikin artikel,ato kirim email jg boleh, hehe..
chans40@gmail.com
Salam Baleno 97, Bogor
1. saya nyerah om, itu butuh alat buat ngisi freon soalnya. lagian ribet banget nyopot evap, sumpah. saya mending kasih ke bengkel, tapi saya awasin bener2
Delete2. lampu dashboard yang mana ya om?lampu speedo kah? atau lampu yg di tombol heater dan hazard itu? klo lampu speedo ada turorial buka speedo di postingan saya ttg masang scotlite di speedo. klo lampu tombol2 itu, om buka panel tengah dulu, (lis yg mengelilingi head unit) klo udah baru tombol tadi di cungkit dari dalem, pasti copot.
Salam kenal,
ReplyDeletemau nanya, dibawah tempat oli PS ada oli yg merembes dan netes, kira kira kenapa ya om
sealnya kompressor PS mungkin om, harus service kompressor. saya biasanya ke botak seng, jatiwaringin,. mereka garansi satu tahun.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSelamat sore,
ReplyDeleteSalam kenal, mohon pencerahannya sedikit cerita Mobil Valero 2001 2 minggu setelah service radiator Dan ganti ring piston (turun mesin) pada saat di jalan tol pada malam hari rpm di atas 100 temperature naik mendekati level merah lalu saya coba turunkan rpm kisaran 70-80 indikasi temperature turun di level tengah dan pada saat siang hari di jalan tol kondisi macet temperature naik mendekati sampai atas level merah,
Pertanyaannya :
1. Apakah Ada masalah di radiator? Atau masalah pada yg lain?
2. Air radiator menggunakan air mineral
3. Apakah Ada masalah lain selain radiator?
Demikian terima kasih.
kemungkinan masalah memang di radiator om, bisa jadi saluran air kurang lancar, atau kipasnya mati. coba om perhatikan dulu kipasnya bagus g. kemudian pas service raiator, apa diagnosis tukangnya? apakah ada masalah? atau baik2 saja. Kemudian sering2 cek air radiator, karena pake mineral, biasanya sering kurang karena menguap.
Deletesalam
Coba cek juga tutup radiator. Saya pernah mengalami kejadian seperti ini
DeleteSalam kenal, sy newbie, baru beli baleno next g 2003, ada yg ingin sy tanyakan, kalau awal starter mobil, suara mesin terdengar keras dan dashboard ada yg bunyi mendengung, tp kl dipanasin sudah aga lama, suara mendengung ngilang dan suara mesin normal, mohon pencerahan solusinya gimana biar awal start mesin ga terlalu keras
ReplyDeletebunyi mendengung dari mana mbak? bisa di rinci dulu? biasanya ada yg dari fuel pump, atau bisa juga dari pulley2 di kap mesin. coba buka kkap mesin dulu dan dipastikan arah suaranyaa. terkit mesin kasar waktu start, biasanya karena oli belom naik atau karena celah mesin masih renggang (karena dingin). hal ini mungkin saja terjadi karena sehabis ganti piston, pemasangannya kurang pas.
Deletesalam
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSalam kenal om , rencana mau beli baleno97. Tapi pas di cek ternyata enggine checknya nyla terus,. Tapi buat jalan normal.. Pas di lihat ternyata sensor TPS gk ada tidak terpasang. Apakah mobil itu layak kita beli om trimakasih
ReplyDeleteklo soal beli atau tidak, terserah om sih, kan preferensi orang orang beda beda om. yang jelas begini, kalau salah satu sensor mati/tidak terpasang, maka ecu akan berada dalam kondisi fail safe mode yg ditandai dengan check engine nyala. mobil akan bisa berjalan normal, tanpa ada kendala, namun kehilangan fungsi pintarnya. smart function yg saya maksud disini adalah kemampuan ECU untuk mengatur timing pngapian dan semburan bensin oleh injector berdasarkan input yg diterima oleh berbagai macam sensor. hasilnya mobil bisa lebh irit, ketika pemakaian biasa maupun lebih bertenaga jika dibutuhkan akselerasi dengan mengorbankan lebih sedikit bensin. ECU ini pula yg membuat baleno amat sangat jarang ngelitik, ketika dipaksa akselerasi dengan gigi tinggi karena ECU memerintahkan untuk memundurkan timing pengapian.
Deleteuntuk TPS, bisa beli di atrium senen om, harga mungkin sekitar 400-700 rb saya kurang tau pasnya. pemasangannya gampang, tinggal dibaut di dudukan sama colok socketnya.
Makasih om sudah saya beli dengan harga yg relatif murah sih.. mobil tanpa TPS tarikan juga enak saja kagak endut² and.. rpm ya naik turun tapi ya masih kategori nyaman lah om.. sekarang masalahnya kalau AC on rpm drop ternyata modul amplifier ac nya GK ada... Hadeww Giman cara naik kan rpm tanpa modul AC amplifier.. sekarang AC pakai Thermo manual terimakasih om atas jawabanya
DeleteSalam Kenal..Kalau sensor TPS Berapa ya estimasi harganya?
ReplyDeleteSama om sya butuh sensor tps juga,brapaan hrganya yah??
Deletemungkin sekitar 400-700 rb om, belom pernah ganti soalnya.
Deletesalam
Om, mau konsultasi.
ReplyDeleteBaleno 1997 saya suka ndut2an sampe mati mesin pas kondisi langsam. Kadang jd susah dinyalakan. Terpaksa pake jurus dorong n masuk gigi 2.
Udh k bengkel, ganti koil, ganti fuel pump. Tp masih kadang mati mesin aja..
Bengkel bilang CDI kerendam oli. Apa bener bisa begitu?
Atau ada penyebab lainnya?
Trims..
nah.. ini yg saya g tau om, sampai sekarang saya belom nemu lokasi CDI baleno dimana, tapi dari logikanya saja, CDI itu diluar mesin om, masak kerendem oli...
Deletesalam
Gan mau tanya klo sensor gas itu bisa di bersihkan saja atau harus di ganti dengan yang baru gan?mobik saya balenk dx tahun 2003
ReplyDeleteMemang ada gejala seperti apa, sehingga harus ganti sensor gas?
DeleteOm admin,
ReplyDeleteMau curhat donk om..😀,
1. setir Baleno saya pada saat parkir apabila di putar full Kiri/kanan Ada bunyi gesekan.
2. Mohon pencerahannya om..untuk Baleno matic agar tarikan responsif.
Terimakasih
Salam satu aspal
1. gesekan yg gimana om? dari bawah mobil atau dari setir asalnya? atau malah bunyi dengung? saya kurang bisa memastikan om.
Delete2. service transmisi ama ganti oli rutin om, tapi emang katanya matic baleno lemot sih.. hehehe
salam
Ijin masuk bos2 yg ganteng..saya mau liat baleno matic 2001..kira2 apa aja yg paling penting dicek waktu test drive..takut dpt yg bakalan sering jajan hehehe..makasih semuanya..
ReplyDelete-andy-
cek:
Delete1. kaki2.. terutama depan.. pas test drive hajarin aja lobang2 yg ada. bunyi2 g? sama pas belok sambil di gas ada suara2 aneh g... jangan lupa ngolong, liat ada tetesan oli atau g.
2. mesin. kalau g kering, berarti ada yg bocor. dengerin suaranya, apakah ada suara2 aneh/tidak halus (jangan tertipu ama suara injector ya... injector baleno bunyi tik tik. test juga mesinnya pincang atau normal, biasanya pengapian suka bermaslaah.
3. AC.. penting mas bro. nyalain aja acnya, kopresornya berisik/ ga? terus dalam keadaan langsam, buka semua pintu, ac di full dinginnya. pastikan kompressornya bsa cut-off (mati sendiri terus hidup lagi). klo g, berarti ac kurang dingin dan ada masalah
4. soal transmisi, saya nyerah, belom pernah pegang matic.
anyway, baleno sudah saya lepas dan sekarang saya pakai lancer matic, nanti saya sharing kalau dah agak tau ttg matic.
Mo tanya om, baleno sy 1998, trakir mogok didiaknosa fuel pump mati, lalu ganti, tapi sekarang kalau jln engine check berkedip dengan interval ga begitu cepat, kalau tarikan ga masalah, apanya ya mungkin, makasih infonya.
ReplyDeletecheck engine kedip bisa jadi suma kabel kelistrikan lampu indikatornya om... karena klo masalah, harusnya check engine nyala terus
Deletebiar lebih clear, om bisa diagnosa check engine itu.. caranya gampang, cuma butuh kabel kecil bekaas.
selengkapnya disini om
http://www.rhinopower.org/diag/cel.html
good luck
salam
ReplyDeletemau tanya om
baleno aku thn 97 speedo nya mati bagian km/h nya..coba di ganti sensor nya tetep aja mati
kenapa ya?
klo.mau beli set spedometer copotan dimana ya? makasih sebelumnya.
coba atrium senen om... tapi klo liat gejalanya, sangat mungkin kabel dari VSS (sensor) ke ECU atau dari ECU ke Speedo ada yg putus atau kendor. cek aja pake multitester om..
Deleteatau coupler sambungannya kadang yg udah kendor.
Pakai baleno 96 Kemarin barusan masuk bengkel awalnya ga ada tenanganya klo di gas mati rpm naik turun,, sdh di bawa ke bengkel sdh jadi dan lancar,, tp lampu indikator check engine jadi nyala kata montirnya harus ganti sensor udaranya, barangkali pernah ngalami hal yg sama/tau kasus ini,,,soalnya jd takut pakainya karna check engine nya nyala, kalau ganti sensor engine baleno apakah masih banyak yg jual kawatir susah nyari gantinyA kisaran hrga berapa yah om klo ganti sensor udara? Trimakasih
ReplyDeletekalau check engine nyala, mobil tetep jalan normal kok.. cuma timing pengapian dia bakal jadi basic.. tidak otomatis maju atau mundur seperti ketika sensor hidup. hasilnya agak boros dikit.
Deletesensor udara yg di hose yg menuju ke throttle body ya om? saya kurang tau, tapi bisa check ke sentosa motor atrium senen. disana lengkap om
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteOm apakah masih bisa tanya2 mengenai baleno... apa punya FB atau kontak om...mkasih
ReplyDeleteFB saya Angga Bahtera... Email saya anggabahtera@gmail.com
ReplyDeletesaya japri ya om
Deletemet mlm om,,,sy penunggang baleno dx 2001 at,gejala yg sedang sy alami saat ni adlh di bgian spedometer ny,,jarum penunjunk spedometer ny kdang jln,dn kdng tdk jln sma se x,,dh sy coba gnti sensoryg do gear bok ttep gk jlan,,kt org bngkel hruz gnti spedomter ny,,nah pertnyaan sy buat om master,apkh spedometer ny bsa di bnerin,jka bsa basa ny di bgian mna ny yg rusak atw lemah,apkh ad kmponen" spedometer ny yg lemah,atw ic yg di spedemeter sdah tdk brpungsi,tpi klo angka jrk tmuh ny msh berjlan dngan normal,,mhon bantuan ny m master yg baik hati,,jika om master pnya numb wa,,boleh lah japri kta om di 08121450754,,,prkenal kn nm sy rio from bandung om master,,
ReplyDeletemhon di bntu ych om,,krna sy sngat cnta bnget sm baleno...
om Rio,
Deletemohon maaf sekali, terkait speedo meter memang sepertinya benar orang bengkel tsb, ada komponen yg sudah lemah (bagian speednya) karena odometernya masih berjalan normal. terkait hal tersebut, saya sendiri belom pernah bongkar daleman speedo, jadi tidak bisa bantu.
salam
Salam kenal om, barusan saya dapat baleno th 2000. Ada pr utk colokan lighter sama electrical mirror tdk berfungsi. Saya cek sekring yg dibawah stir ternyata tutupnya sudah tdk ada jadi tdk tahu sekringnya yg mana utk lighter & elec mirrornya, bisa bantu saya om. Atau kalau punya ebook user manual baleno bisa dikirim ke email saya. sandi.aro2@gmail.com
ReplyDeleteTerima kasih
Slmt mlm. Sy br dpt baleno 2000.awal beli sebulan lalu, skg ngebul keluar asap putih dr knalpot. Asapnya keluar trus tiada henti. Itu yg bermasalah apanya ya om. Ada yg bilang seal klep,ringseher n pvc. Lha yg pvc ini pnya pengaruh ke asap itu ya om.. kl suara mesin halus ga ada suara asing.cm ndut2 an waktu gigi 1 ke 2 n ke 3. Jd penasaran. Mungkin para suhu disini punya solusinya?. Terimakasih sebelumnya
ReplyDeleteMaaf om mohon ijin gabung fb atau wa nya jika berkenan om, email saya princesetiyo@gmail.com
ReplyDeleteom kalau tutup radiator baleno 2002, pakai 0,9 atau 1,1 sih om?
ReplyDeleteOm,saya ada baleno thn 2000.bermasalah dgn rem selalu macet.master,sil belakang n kaliper rem uda ganti.tetap aja macet
ReplyDeleteHlo salam kenal dri bpk agus, gini gan ku ade baleno th lama masalah e sepidometer kecepatan dak jalan kate e bengkel si di set ade kode 2.4 tu yg rusak sensor sepit e bang, ya la belikan saja tu sensor e, treus udah di belikan tu sensor tapi ko masih sama aje tu dak jalan ,.. Tolong dong yg perna alami kaya gini di bantu makasih sebelum e
ReplyDeleteOm baleno ku 2003 next g, itu waktu tarikn aal ndut dutan, itu permasalahannya apa ya om??
ReplyDeleteMakasih om
Salam kenal om,,saya pemilik baleno 2000. Pas jalan sekitar sejauh 60km,seperti mau mogok om,tapi mesin tidak mati,ngegas tidak bisa,,seperti nyendal nyendal gitu om. Kira kira permasalahnnya di apa ya om?terima kasih
ReplyDeleteBaleno ..memamg mantab...
ReplyDeleteSatu kata : top
Malam om,saya pengguna ba enol thn 2000,,punya keluhan nih
ReplyDelete1.ketika hujan selalu ada genangan air di bawah setir,,karet ,plastik dortrim udh d ganti
2.knapa ya om tulisan chek engin kadang nyala pas jalan abiss lama kelamaan mati lagi dan nyala lagi..
Mohon bantuannya ya om..
Sel sore mau Tanya, Saya baru aja pakai baleno the 2001. Bawa ke suzuki minta dibenerin sign yg gal balik otomastis kalo abis belok. Katanya memang begitu Dr produksinya.. apakah benar.mohin info. Tq
ReplyDeleteItu mekanik yg bilang? Mendibg jangan balik ke bengkel itu lagi. Bengkel gadungan itu. Coba cek, belakangnya ada alat2 bengkel apa alat masak. Wkwkwkw
DeleteGini om, dimana2 sein itu harus otomatis balik, apapun mobilnya. Paling dia males benerin
Salam kenal om saya sandi Nugraha saya punya Baleno 2002 matic AC saya kompresor tidak nyala karena magnetclucth tidak ada strum positip center piece juga tidak bergerak kevpoli tapi kalau di kasih strum lsngsung kompresor nyala AC dingin saya dah cek relay dan sikringbya tidak ada yang putus solusinya gmna ya om mohon pencerahan maksih
ReplyDeleteKalau strum langsung AC gsk mati mati om mohon pencerahan terima kasih
ReplyDeleteMalem Ommm... salam kenal. Baleno dx 2002 saya Rpm nya mati. Kira2 apanya yaa? Adakah sensor Rpm nya? Dimana letaknya. Atau mungkin sekring..?? Mohon pencerahan..
ReplyDeleteSalam kenal, saya didhi, saya punya baleno tahun 97, mau tanya harga spedometer copotan baleno kira2 brp atau tempat service spedometer daerah mana om? Terima kasih
ReplyDeleteMalam om,mau tanya cara ganti lampu indikator di hazard gimana ya om,yang di interior baleno 97
ReplyDeleteSiapa tau om bisa tau,terima kasih sebelumnya.
Selamat malam om. Saya pnya kendala di ECU baleno DX tahun 98..baleno saya manual sedangkan ECU nya Matic sehingga pas AC on dan gigi 2 terasa berat dimesin..apakah ada efek samping sama mesin kalau pake ECU matic..mohon pencerahanya..BCI 5046
ReplyDeletehalo, selamat siang, mau nanya, untuk speedo enol 2001 saya lampu T10 nya mati dan lampu T5 nya untuk lampu bensin dan suhu mati, yang lain nyala normal, kira kira kenapa yah?
ReplyDeleteHalo gan selamat malam, mau tanya untuk mobil suzuki baleno hatcback 2018 setelah melakukan pemasangan power audio, dan camera mundur, tiba tiba tombol yang terletak pada stir tidak berfungsi??? Mohon bantuannya gan cara mengatasi masalah tersebut ???
ReplyDeleteHalo gan saya punya Baleno DX matic 2002 masalah di power steering bunyi seperti tikus CIT CIT CIT ketika di belokan minyak penuh tidak ada bocor mohon pencerahan gan terima kasih
ReplyDeleteom mau tanya saya baleno dx 2001 matic masalah di vss apakah sama vss matic dan manual mksd nya apakah bisa di pakai vss manual utk di mobil matic saya?
ReplyDeleteSalam kenal. Selamat mlm.
ReplyDeleteMau tanya om. Baleno dx 2001 sy tiba2 listrik/strum utk busi nya hilang. Sdh cb dilakukan cek kabel2 tp listrik ke busi ttp blm ada.
Mhn bantuan nya
Oya lp.. Itu utk busi no 1 & 2
ReplyDeleteSalam kenal om.. cari sparepart copotan suzuki baleno dimana om yang murah meriah?
ReplyDeleteohya bahenol saya 1998, makasih infonya om
Misi om, untuk biaya servs rembes oli mesin dan servs besar baleno dx, estimasi nya berapa ya, trmksh 🙏🙏
ReplyDeletemaaf om,boleh nanya ya,,,gigi 4 baleno saya kadang lompat ke netral sendiri,knp ya,,,
ReplyDeleteMo nanya om sekring lighter tuk baleno 97 seblah mana ya, punya saya lighternya mati, kabel tdk ada yg putus, sekring dicari sekitar stir lum ketemu
ReplyDeleteMisi admin, mau nanya, saya punya baleno 2002, waktu masuk ke gigi 1 pada saat jalan, tu sulit, tapi yang lain tidak, permasalahannya apa ya? Makasih
ReplyDelete