Sunday, 9 November 2014

Oil Catch Tank (OCT) Murah Meriah dengan Filter bensin Suzuki Carry

Seperti janji saya di postingan terdahulu, kali ini saya akan memjelaskan cara2 membuat OCT yang murah meriah bin muntah-muntah :D. Soal fungsi jangan ditanya lah, sma seperti OCT yang lain. Hanya saja bentuknya g nahan cuyyy... bulux abis pokoknya.

Sebelum dimulai saya ingin menginfokan bagi yang belum tau OCT itu apa (bagi yang udah tahu monggo di skip saja daripada saya dikatain sok tahu..). Oil Catch Tank adalah suatu wadah/alat yang berfungsi untuk membuat uap oli dari PCV Valve ke Throttle Body terpisah menjadi Udara dan Oli. Disini saya memakai filter bensin suzuki carry sebagai OCT dengan pertimbangan:

1. Harganya murah meriah
2. Gampang didapat.
3. Secara fungsi sama saja, lha wong filter kan tugasnya menyaring....

Ok, Langsung saja, berikut bahan yang diperlukan:

1. Selang bensin (yang murah dan abal2 gpp, lha wong cuma buat nyalurin udara saja, yang penting g bocor). Saya beli di toko onderdil dengan harga 10 rb/meter. saya potong dengan panjang 30 cm-an sebanyak 2 buah



2. Filter bensin suzuki carry (kayaknya kw juga yang ini, saya g pernah nanya ama kokoh penjualnya, pokoknya dikasih yang ini) harganya 15 rb


3. Klem selang yang kecil, beli di toko bangunan banyak.. (kalau saya ambil sisa dari kemaren renov rumah :D)



langkah pertama adalah mencopot selang karet dari PCV Valve, beikut gambarnya setelah dilepas:


yang akan dipasang selang adalah PCV Valve  dan lubang yang ada di Throttle body (TB).

yang akan kita psang pertama adalah lubang yang di TB, seperti tampak pada gambar dibawah, tinggal kita tancapkan saja selangnya dan dikuatkan dengan klem agar tidak mudah lepas. (untuk pemasangan ke TB agak susah karena diameter pipa kecil di TB lebih besar daripada diameter selang jadi dikuatin aja doanya, kalau mau latihan ke gym dulu juga boleh agar nyoloknya lebih mudah :D
)


kalau sudah ujung satunya kita colok ke saluran keluar (outlet) di filter bensin (yang sebelah atas seperti tampak pada gambar). Jangan lupa kita klem juga supaya kuat.




Selang satunya kita pasang di PCV Valve dan dihubungkan ke intake filter bensin (sebelah bawah filter) seperti tampak pada gambar. (gambar sengaja saya pisah agar tidak membingungkan)



Setelah semua selang terpasang, kita tinggal cari tempat untuk meletakkan OCT ini. Kalau saya meletakkannya disamping pipa AC yang masuk ke kabin, disitu ada semacam cantolan yang entah fungsinya untuk apa. OCT cukup diikat dengan erat memakai cable ties  ke cantolan tersebut, yang penting tegak dan tidak goyang.


Begini penampakannya setelah terpasang


Yang namanya buatan sendiri tentu saja OCT ini tidak Luput dari kelemahan. berikut beberapa kelemahannya:
- Bentuknya ueelek puooll
- Tidak bisa dibongkar, jadi tidak bisa di bersihkan filter dalamnya dan harus diganti jika memang sudah kelewat kotor
- Tidak ada lubang pembuangan oli, jadi untuk membuang oli, harus melepasnya dan menuangnya secara manual lewat lubang yang bawah (intake) dan harus melepas cable tiesnya (ini yang bikin boros karena harus ganti cable ties)

OK sekian laporannya semoga bermanfaat

==========



13 comments:

  1. mantap deh..salam kenal sesama pengguna baenol..

    ane kemarin juga DIY repair bushing stablizer bawah bro..bunyi gluduk2 asal lewat jalan berlubang..lumayan juga capenya..fiuuhh..

    tapi ane lupa foto2in nya..wkwkwkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiss mantap tuh om.. dah level advance kayaknya.. saya sih yang simple aja.. soalnya g ada alat.. hehe... kapan2 sharing om kalau bisa...

      Delete
  2. Gan, mantap abis DIY-nya.. Mau nanya nih gan, itu ukuran selang bensin yg ukuran brapa yak, 5/8 ato 5/16, terus itu heat resistance ya, tau sndiri hawa mesin dibawah kap gimana.. Thx gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran selangnya saya kurang tau om , saya cuma bilang beli selang bensin ukuran standart mobil (sama kayak yg dari filter bensin menuju ke injector). kalau untuk heat resistance sudah pastilah om. kan emang selang bensin dari sononya dibuat tahan panas, apalagi yang ini cuma untuk nyalurin hawa dari mesin saja jadi masih dalam batas toleransi lah...

      aniwe thnaks udah mampir om

      Delete
  3. Saya kemarin pasang oct untuk mazda familia pakai filter bensin kijang kotak yg KW. Setelah dipasang mesin jadi sering mati waktu idling. Pemasangan nya memang tidak tegak karena keterbatasan tempat. Kira2 permasalahannya karena pemasangan yang tidak tegak atau mungkin kompresi mobil saya sudah lemah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sering mati mungkin saja mampet salurannya om, jadi pas idle supply udara kurang. coba cek saluran inlet dan outlet di filernya sudah benar? bisa jadi kebalik.

      regards

      Delete
  4. tidak usah di lepas filternya cukup dilubangi pakai solder dan beri skrup drat kasar pasang ring karet la dari situ nanti menguras olinya jika penuh

    ReplyDelete
  5. yang dilubangi filter bagian bawah tengah lo jangan yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha... makasih om tambahannya, sudah saya posting juga di http://wowbaleno.blogspot.co.id/2015/07/oct-murah-meriah-dengan-filter-bensin.html

      salam

      Delete
  6. Om, sy juga buat sendiri catch tank nya pake tabung minyak rem, karena pake tabung minyak rem bisa dibuka dan dibersihkan, kemudian saya bor atas (output) dan tengah buat input nya, pertanyaan sy: BOLEHKAH saya tidak pake saringan, cuma lubang outout yg di atas saya sekat pake tutup botol yg sampingnya saya lubangi buat saluran udara panas dari PVC,mohon saran nya, terimakasih

    ReplyDelete
  7. bisa saja sih om, tapi kalau mengandalkan proses pengembunan untuk membuat uap oli terpisah dengan udara, kok saya kurang yakin yah.. kalau saya sih lebih mantep pake filter om. Tapi klo emang udah dicoba, tolong di share dunk hasilnya, biar sama2 belajar.

    salam

    ReplyDelete
  8. Ada efek sampingnya gk om kira2 klo di pasang sprti itu atau untuk kuntunganya apa..

    ReplyDelete
  9. Klo pakai filter bensin motor bs go om

    ReplyDelete