TEORI
secara basic prinsip kerjanya adalah seperti gambar di bawah:

sumber gambar: suzuki service manual
dengan memutar potensio ke arah kiri (counter clock wise) akan menurunkan kadar co yang berarti campuran a/f menjadi kecil dan demikian pula sebaliknya. perlu diketahui bahw A/F yang ideal adalah 14,7/1 (14,7 komponen udara dibakar dengan1 komponen bensin) atau sering disebut lamda=1. untuk lebih jelas mengenai AFR bisa dilihat disini.
Permasalahan disini adalah bagaimana menentukan/menyetel agar didapat AFR ideal bagi mobil baleno kita? nah saya juga g tau pastinya hahahahaha... tenang jangan kecewa dulu saya tetap akan menjelaskan bagaimana cara menyetel a/f tersebut sehingga didapatkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan A/F ideal.
secara umum ECU mengontrol A/F dari input arus listrik yang masuk dari potesio tersebut. berdasarkan diagram diatas, A/F lean (>14,7/1)= voltase kecil dan A/F rich (<14,7/1)= Voltase besar. jadi yang harus kita lakukan adalah memutar potensio tersebut sambil mengukur tegangan arus dengan voltmeter sampai didapat voltase yang kita inginkan.
The PRAKTEK
langsung saja siapkan alatnya.. volt meter ato multitester (digital lebih baik karena lebih presisi). saya sendiri pakai yang ini:
Lokasi potensionya sendiri ada di kanan bawah setir, bisa dengan melepas panel bawah setir atau rogoh aja pake tangan (punya saya sudah tergantung dengan jelas jadi tidak usah lepas panel).
zoom dikit
zoom lagi
kalau sudah ketemu maka akan kelihatan kalau di pangkal coupler potensio tersebut terdapat 3 kabel yang berfungsi untuk input (5v, kabel merah), negatif (kabel biru ) dan output ke ECU ( tegangan bervariasi sesuai putaran potensio, kabel warna hijau strip/ yg tengah ). untuk lebih jelas lihat gambar
maap gambar agak burem, kamera hape abal2.. wkwkwk
PENTING sebelum kita mulai memutar potensio, tandai dulu potensionya dengan tipe-x dan ukur voltase awalnya sehingga kalau kita bingung bisa dikembalikan ke titik awal.
langkah selanjutnya colok probe merah (positif) multiterster ke kabel yg tengah
dan colok probe hitam di multitester kemana saja yg bisa dapat arus negatif, kalau saya sih colok ke dudukan gas mobil.
Ingat, kunci kontak harus on, kalau tidak g bakal ada arus yg mengalir. Setelah kedua probe nyolok, putar2 deh potensio untuk mendapatkan voltase yang diinginkan (ini sedikit sulit karena tangan kita cuma 2 wkwkwkw, saya memakai kaki untuk nempelin probe hitam ke dudukan tuas gas)
mengingat diagram di awal tidak menyebutkan voltasenya secara spesifik, maka kita harus mengira-ngira sendiri cuma kalau mau bikin teori goblok (kayak saya), tegangan min adalah 0v dan max adalah 5v, maka idealnya ditengah yaitu 2,5v hehehe..... ya.. meleset dikit lah.. g jauh2 dari itu... makanya disini tetep dibutuhkan proses Trial , errorr and error.. (tergantung kesabaran sampeyan mau berapa kali errornya)
kira kira begitu...
regards
rekomendasi bengkel buat neo baleno di mana gan ? mohon infonya
ReplyDeleteagan dimana lokasinya?
DeleteSaya baru angkat baleno 2001 matic sebetulnya sayang mau di lepas lagi karna hampir putus asa kendala nya datang datangan ketika baru berjalan seakan akan kopling sleep...rpm 4rb tapi laju mobil tetap pada kecepatan 20km/jam tapi setelah di matikan sebentar dan di hidupkan lagi meain normal seperti tiada kendala sampai sejauh manapun dengan sarat tidak dimatikan(itu pun tidak setiap hari kejadian seperti itu) saya sudah coba ke bengkel tapi hasilnya tetap suka datang datangan habis uang hampir banyak kata bengkel di kuras oli meticnya lah di bongkar meticnya lah...turun mesin sebelah...tapi penyakit itu tetap ada... tolong pencerahan nya om master barangkali apanya yach dan satu lagi speedo meter kadang jalan kadang enggak kaya ada kabel yang kadang konek kadang enggak pas lagi jalan kayaknya normal normal aja kadang mati sendiri ...kadang juga jalan sendiri saya sendiri belum begitu percaya kalau sensornya yang error mohon bagi pengalamanya dan pencerahannya terimakasih sebelumnya ....
ReplyDeletekalau soal matic, saya angkat tangan ya om.. maaf. soalnya baleno saya manual. klo soal sensor (VSS) karena kadang masih nyala, saya yakin itu cuma kabelnya. coba om cek di sambungan2 kabel (coupler) satu di kap mesin (di atas transmisi deket tuas pengungkit kopling) satu lagi di belakang speedo meter. tes aja kabelya om, pake multitester.
Deletesalam
Gan, kalau Aerio letak CO nya dimana ya? Saya coba cari gak ketemu
ReplyDeleteGan, kalau Aerio letak CO nya dimana ya? Saya coba cari gak ketemu
ReplyDeleteletaknya sama kayak baleno om, di bawah setir sebelah kanan. untuk Aerio mungkin bisa mampir ke otodiy.blogspot.com (kalau g salah ya) yg punya blognya pemilik AAERIO.
Deletemalam om..
ReplyDeletemau tanya utk setting CO baleno next g 2006 itu idealnya gmn?
krn mbl sy boros bgt ky bw holden..
perbandingan bensin 1:5 - 1:6 dalkot.
trz utk voltmeternya itu ditaruh di posisi yg mana y?
kan pilihannya byk bgt tuh yg diputer2 dtengah voltmeternha itu, nah diposisi yg mana tu om utk cek CO nya..
mohon pencerahannya om..
siang om, punya link donwloadnya manual service baleno 2001. kebetulan sesama pemakai baleno
ReplyDeletemaap om, saya hanya punya soft copy.. itupun ketinggalan di indo
DeletePunya saya baleno 1997 om. Harus di tegangan brp biar enk dan standart ..
ReplyDeletepakai aja 2,4v om...
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBoleh minta manual book nya baleno om? Soalnya cari susah jg
ReplyDeleteEmail saya arive1627@gmail.com
Terima kasih.
Saya punya baleno metic thn 2001 kendala ny ap bila d nyalakan sebentar mesin tiba tiba loss gas,,apa lagi klo hidup ac ny,selebih lg pas mau jln,,,langsung loww power dan los gas .tolong info ny
ReplyDeleteSama mas punya saya juga
DeleteAwalnya cuman kipas mati
Overheat. Akhirnya pas dibawa mati2terus
Misi om, sya pengguna baleno 98 mau numpang nnya dan nyari solusi utk mbil sya.. permasalahanny :
ReplyDelete1. Check engine tb2 nyala, stiap pas pindah gigi 3 ke 4 atau stelah di cek trnyata sensor VSS dan sensor IAT, dan it trjdi berulang kali.. prmslahanny apkah dkrenakn sensor yg rusak, atau it malah pertanda dri sensor yg mengindikasikan ad yg salah dgn mesin?? Dan apkah sensor VSS berkaitan dgn sensor IAT? Soalny stiap check engine nyala, psti yg error adlh VSS dgn IAT.
2. Mesin pas dinyalakan keluar asap, mnrut bngkel, it krna master rem yg bocor jdi oli rem masuk ke ruang bakar.. , aer radiator trlihat ad minyak sdikit ttapi oli mesin trlihat normal gak putih.. ap perbedaan antara oli rem yg msuk ke ruang bakar, dgn oli mesin yg msuk ke ruang bakar? Truz pergerakan mobil sperti tdk ssuai dgn perputaran mesin, mobil trasa lebih lambat dan berat pdhal gas udh lumayan digeber, dan tercium bau bensin.. kira2 ap yg hrz sy lakukan dan gmn solusi ny utk mbil sya? Trima kasih..
Saya Baleno 2001 pemakaian baru 1 tahun. Konsumsi BBM Boros, 1:8 sampe 1:10.
ReplyDeletePernah di cek AFR nya, ternyata ga ada atau belum ketemu.
Ada kah yang jual AFR u BALENO 2001.
Mohon infonya.
Email me : widododagrolestari@gmail.com
Saya sudah coba langkah d atas,didapat voltase 2,5,,tarikan jd lebih enteng
ReplyDeleteOm ijin ikutan nih.. sy newbie br ambil next g 2003.. afr sdh sy set di 2.5v tp ko pas mesin dinyalain rpm tinggi ya.. ke 2000 lalu pelan2 turun ke 1500 apakah normal? Suhu engine sy coba pantau pk ezview di 78°c kira2 normal ngga ya? Konsumsi bensin tol kombinasi kira2 1:10. Mohon pencerahannya.
ReplyDeleteSaya punya baleno thun 97.. kendalanya kalau di rpm rendah kira kira di rpm 2000 apa lagi saat di gigi 3. itu terasa tersendat-sendat "ndut-ndutan". busi sudah ganti baru, injektor sudah di bersihkan, filter bensin sudh dibersihkn, fuel pump sudh di cek masih bagus. tapi masih ada ndut-ndutan ituu.. paling solusinya gimana yaa min. mohon dijawab..
ReplyDelete