Berawal dari penyakit bawaan baleno yang sering dikeluhkan oleh hampir semua pengguna baleno, yaitu ndut-ndutan ketika gas dilepas di gigi 1 dan 2, saya mencoba untuk mencari informasi tentang bagaimana cara mengatasinya. Setelah gugling sana-sini dan berkonsultasi dengan para punggawa bengkel, saya akhir nya mencoba berbagai macam cara seperti:
1. mengganti Koil
2. Injector Cleaner
3. Kuras Tangki +membersihkan saringan teh (filter bensin yang di fuel pump)
4. Mengganti Filter udara
5. Tune up total ( bongkar Throttle Body)
6. Ganti Busi dengan standar (Denso K20-PRU 11) yang saya stell ulang gapnya menjadi 1.0 mm (standart sesuai buku panduan, untuk baleno direct injection 1.0-1.1mm, untuk yang masih memakai distributor 0.7-0.8 mm
7. reset ECU
8. Ganti filter bensin di ruang mesin
Memang hasilnya bisa mengurangi ndut-ndutan tersebut hanya saja belum hilang sama sekali.
Setelah melakukan olah pikir yang cukup lama dengan menggunakan logika saya yg tidak logis dengan dibantu dengan kapasitas otak seadanya, saya menyimpulkan bahwa tersangkanya tinggal sistem fuel cut-off yang tidak sempurna. ditunjang dengan adanya rembesan oli di seal karet tempat PCV Valve menancap, saya semakin yakin bahwa pcv valvenya bermasalah dan membuat kevakuman throttle body tidak sesuai dengan yang seharusnya.
Bagi yang belum tahu, PCV (positive Crankshat valve) adalah katup searah yang mengalirkan uap oli di ventilasi mesin masuk ke dalam Throttle Body (TB). Katup ini bekerja berdasarkan kevakuman TB, jadi jika TB Vakum maka katup ini akan terbuka.
Didukung dengan gaji yang baru diterima di awal bulan akhirnya saya memesan PCV valve + karet sealnya di Sentosa Motor, Atrium Senen. Harga 75 ribu+seal 15 Rbu+ ongkir 15 Ribu via JNE. barang ORI SGP
Pemasangan Cukup Mudah, hnya bermodal Tang, Obeng minus, sebatang rokok (ngumpet2 rokoknya takut ketahuan istri) dan teriakan sinis dari istri tercinta karena pulang kantor tanpa babibu langsung buka kap mesin. Bagi yang belum tahu lokasi PCV Valve, monggo dilihat gambar di bawah.
PCV valve adalah benda yang berwarna biru keunguan.
Untuk melepas nya tinggal cabut selang yang menancap di PCV Valve dengan menggunakan tang, dilanjut dengan mencabut PCV Valvenya dengan tangan (kalau saya ndak kuat jadi menggunakan tang) penampakan pcv valve setelah dicabut adalah seperti di bawah.
yang hijau adalah PCV yang lama
Untuk karet sealnya ternyata sudah mengeras karena tergerus usia jadi maklum saja kalau oli merembes keluar. Jadi saya mencoba mencongkelnya dengan obeng minus dengan sangat hati-hati. Permasalahan muncul karena sealnya malah patah-patah (kayak anisa bahar) dan terdorong masuk ke dalam cylinder head. saya mencoba mengambilnya dengan memasukkan jari telunjuk (bukan jari tengah om.. itu lain lagi gunanya :D ) ke dalam lobangnya dan mencoba mengorek2nya. setengah jam berlalu dengan hasil jari saya lecet, akhirnya saya memutuskan mau tak mau harus bongkar cylinder head cover.
Untuk membongkar cylinder head cukup mudah, step2nya sebagai berikut:
1. Lepas Coil dengan menggunakan kunci ring 10
2. Buka 6 baut yang ada di cylinder head dengan kunci 8
3. Angkat deh...
begini penampakannya setelah dibongkar
Setelah dilepas tinggal tutup cylinder head dikocok2 hingga patahan seal keluar melalui lobang pcv valve.....
begini penampakan patahan sealnya.
dan ini seal yang baru
Kemuadian tinggal pasang lagi cylinder head kebalikan dari membukanya. Disini saya masih bimbang karena saya tidak siap seal/packing pengganti. tetapi karena darurat ya saya maen pasang aja sambil dikuatin doanya semoga tidak rembes. Selesai terpasang sekarang saatnya memasang seal PCV dengan menggunakan tangan, tinggal dorong aja dan slep.. masuk deh. sama halnya dengan PCV Valve nya.. pake tangan juga :D.....
Selesai pasang saya langsung coba dengan berkeliling kompleks, hasilnya sendat hilang jika gasnya dilepas halus, namun jika dilepas mendadak sendat tetap ada namun jadi lebih halus dari sebelumnya dan frekuensinya jauh berkurang (1/2 kali saja per lepas gas).
oya sedikit tambahan, selang dari pcv ke Throttle body saya pasangi Oil Catch Tank (OCT) yang terbuat dari filter bensin suzuki carry seharga 15 ribu. berikut penampakannya
close up,
lain kali akan saya posting cara pemasangannya.
OK sekian laporannya. semoga bermanfaat.
Thanks artikelnya berguna bgt om..
ReplyDeleteterima kasih om, saya cuma berbagi pengalaman aja kok, sapa tau berguna bagi pemakai baleno lainnya.
Deletemau tanya om apakah benar pcv rusak bisa bikin ngebul putih di knalpot?
DeleteOm...tolong di posting cara buka tb balenonya dong...msh bingung cara lepas kable gas dan isc..trima kash
ReplyDeletemohon maap om.. selama ane pake baleno ini, baru sekali TB di bongkar.. itupun dibongkar ama bengkel (ari suzuki BSD). kalau saya sendiri pol mentok pake carb cleaner.. biar g susah bongkarnya and g usah ganti packing TB..
DeleteOm moww boleh sy tambahkan yaa cara bongkar TB : 1. Lepaskan kabel aki pagian minusnya dan lepaskan semua selang yg ada di filter udara itu ada 3 selang yg 1 nya selang socket..hati2 mencabutnya biar tdk patah.yang ke 2 buka socket dibelakang TB itu ada 2 warna hitam dan warna putih gading. 3.buka juga selang dibwhnya ada 2 selang yg 1nya pas dibuka keluar bensin..wajar..yg satunya selang biasa. 4 siapkan kunci shock ukuran 13 pelan2 membukanya jgn sampai selek..ada 4 baud..nah setelah itu buka selang yg disamping PVC...ke 5 lepas kabel gas..kendurkan dulu baudnya ukuran 12..kendurkannya yg bagian akhir kabel. Ke 6 buka TB secara pas atau bersamaan 7 setelah dibuka terlihatlah jelas TB itu seperti apa?8siapkan carbu cleaner 9 buka socket yg di TB pake obeng + ada 2 baud...semprotkan juga bagian2 socketnya agar debunya bersih. 10 semprotkan carbu cleaner pada TB dgn disikat pakai sikat gigi terus buka dikit2 sii kedudukan gas..maka katup akan terbuka dgn jelas..ada 2 bagian yg hrus disemprot..luar dan dalam..setelah beres disemprot lap pakai tisu kering...modal tisu 8lembar karena TB harus bener2 bersih dr debu..setelah bersih pasang kembali itu yg telah dibukanya...jgn lupa selang selangnya...rasakan performance kendaraan anda seperti baru lagi dijampin ringan bgt....selanjutnya ngopi dulu...setelah dipasang semuanya...maka biarkan 2 detik..setelah 2 detik lalu nyalakan mesin ajak jalan2 boilnya keluar...jgn lupa kalau ngopi merokok dulu biar fresh...ngopi ngerokonya diluar mobil yaa om..jgn didalam...setelah 2 menit jalankan mobil anda....jgn digass gass terus ga jalan..karena sikatup TB masih adaptasi..biarkan dia main dulu..nanti bw jalan2 yaa sob....semoga berguna dgn penjelasan sy ini...wlpun anda baca semuanya dgn bahasa sy...jgn lupa siapkan tang jepit juga....terimakasih..sallam suzuki...the ride wine of change
DeleteSelamat siang om om semua . Sy penggunan baleno thn 97 . Dan sy belum paham mesin mohon di menyimak maklum sy awam dan au belajar ngoprek mesin baleno .
DeleteMohon izin nyimak.. Dan mau tau klu TB itu istilah apanya . Maklum sy awal di mesin.. Mohon penjelasannya
Tb itu throtlle body om...
DeleteOm..tolong dishare pengalaman stel kerenggangan klep balenonya dan cara stel co . Balenoku kok boros ya ...makash atas blognya, sangat berguna untuk yang awam mesin
ReplyDeleteUntuk setel co, postingan on progress om (nunggu foto) kalau setel klep saya belum pernah karena agak ribet, makanya saya belum ada rencana posting. namun secara teorinya begini:
DeleteBuka cover head cylunder baleno (yg ada lobang businya) dengane memakai kunci 8. jangan lupa untuk lepas koil yg diatasnya dulu. kalau sudah kan keliatan bakal ada 16 valve disitu. untuk menyetelnya kita harus memposisikan cylinder yg terkait ke posisi top dengan memutar puli timing belt secara manual (harus lepas cover timing belt yg disamping cover cylinder head, nanti ada tandanya di puli tsb) nah karena 4 cylindr, maka posisi topnya pasti berbeda-beda, biasanya untuk memposisikan ke top, sesuai dengan firing order mobil tsb. (kalau takk salah baleno firing ordernya 1-3-4-2). untuk kerenggangan klep sendiri bisa diatur sesuai keinginan bisa renggang ataupun rapat sesuai dengan power/ fuel consumption yg dikehendaki.
kalau bung afan berminat, silahkan tinggalkan email saja, nanti akan saya kirimkan cara setting klepnya (khusus baleno). saya ada dokumennya namun masih dalam bahasa inggris. Siapa tau bung afan bisa praktek dan malah terus ngajarin saya.
regards,
om boleh juga nih cara setel klepnya...kirim ke memail sy ya om..rizal.jibril@gmail.com...dtggu om
DeleteTerimakasih
sabar ya om... saya lagi g di Indonesia.. akan saya kirim sepulang saya nanti... maklum filenya dirumah..
DeleteMisi om... mhon petunjuk cara setting celah clep ny donk om.. ne email sya febriadi.rizky86@gmail.com.. tks om..
ReplyDeletesabar ya om... saya lagi g di Indonesia.. akan saya kirim sepulang saya nanti... maklum filenya dirumah..
DeleteSelamat malam om moww..ada solusi dan trik baru dr sy penemuan hari ini,untuk mencegah baleno ndut2an itu selang PVC nya sy buka dan lubang selangnya sy tutup pakai baud...dan PVC nya sy lem dikit pake dextone utk sirkulasi hawa udara.jd sy cover pakai lem dexton yang 2 jenis.posisi selang yg ke pvc dilepas arahnya ke pvc dgn di tutup baud,namun utk Pipa PVCnya di cover lem dextone bagian bodynya sj.jgn lobangnya,semoga menambah sharringnya yaa om
ReplyDeletegpp tuh om? soalnya kan emang defaultnya uap oli dibuang keluar melalui lobang pcv itu.. klo jangka panjang ngefek g?
DeleteHalo baleno lovers, ..baleno ane klo baru di idupin asap ngebul, lama kelamaan tipis klo pas dibawa jalan, klo pas berhenti digas kuat keluar asap hitam dan knalpotny nembak, bau bensin menyengat...kira2 apa ya?mohon bantuan suhu suhu semua.tks
ReplyDeleteItu penyebabnya dr ruang pembakaran dan pengapian mesin mobil yg tdk sempurna..cek busi..buka 1 satu businya..pasti gosong..dan liat soket sendor yg dr delko..warna putih gading..yg posisinya dekat dgn sensor temperatur radiator..soketnya bersihkan pake injektor cleaner..sampe kering diamkan 2menit..lalu pasang kembali..kalau busi sudah jelek..ganti dgn yang baru..setlah beres maka bongkar TB(throtle body)semprotkan foam injektor cleaner sambil digas manual dr mesin..biarkan asap kotor kebuang semua warna hitam...cobalah skrg mobilnya...siap gaspoll
DeleteSemoga bermanfaat ya
Salam kenal Om semua, saya juga pengguna baru Baleno 98... Punya masalah hampir sama dengan Om Lukman Hakim, setelah berhenti lama (biasanya pagi), ngebul (asap putih) tp lama2 hilang trus knalpot bisa ngluarin uap air, kayak mobil normal.. Ini pengaruh dari apa ya..? Ring piston ato apa...? Terimakasih
DeleteMisi all...sy sampai sekarang masih bingung cari bengkel sekitaran cikarang yang bisa ngoprek baleno 2000 ane...mesin dah turun tp hasilnya malah boros..getar...dan kurang gesit...minta share infonya..tks
ReplyDeleteTurun mesin nya diapain aja Om?
DeleteSaya pengalaman bersihkan injector sendiri pakai carb cleaner yang dimasukkan ke dalam filter bensin yang di ruang mesin (bagusnya mesin dalam kondisi sudah dipanasin) , hasilnya mesin jadi gak overheat & tenaga naik. Kalau belum pernah service injector, mungkin bisa dicoba Om, daripada bersihin pakai ultrasonic khan mahal hehe
Baleno 1600 saya juga senasib, saya coba ganti pcv tp kecil pengaruhnya. Saya coba meng-ingat2;seblm itu terjadi, saya gunakan pertamax; pertalite datang, saya coba dan 1 - 2 bln kemudian,terjadi malapetaka itu. Kl diperhatikan, sekitar 4-5 km pertama, lancar, namun stlh itu mulai timbul gejala2 penyakitnya dan pd waktu mesin dimatikan, bergoyang spt overheat; apakah overheat penyebab ndul2nya mobil dan boros? Saya msh proses penelitian.
ReplyDeleteOm klau pcp pecah apa berpengaruh dengan kekurangan oli mesin mohon pencerahan nya om baleno 2001
ReplyDeleteTerima kasih untuk informasinya Om.
ReplyDeleteSaya lagi cari informasi celah (gap) busi Baleno 97 (masih pakai delco/distributor),jadi 0,7-0,8mm ya.
Eh dapat info tentang pcv juga. Trims banyak ya. 👍👍👍
Oiya saya mau share, untuk setting celah/gap busi 0.75mm bisa pakai SIM card atau KTP atau ATM dsb, pas tuh tebalnya 0.75mm, hehe.
Deletewah.. nice info nih..... bisa di praktekkan... tapi sayang baleno saya udah distibutorless wkwkwk
DeleteOm mau nanya ni, knapa mbal aku rpm nya drop, tiba2 drop dan mesin nya hampir mati?
DeleteKalau patahan pcv seal yang patah gak dikeluarkan ada pengaruh bnya tidak ya om
ReplyDeleteharusnya gpp sih... cuma agak risih aja
DeleteMaaf om, kasusu yg saya alami sekarang sama persis dengan artikel diatas pecahan seal pcv valve msuk kedalam ruang mesin, saya mau bongkar head cylinder cover, tp apakah delco harus di topkan posisinya atau langsung bongkar saja?
ReplyDeleteTrus klo mau topkan posisi delco itu caranya gmna ya?
kalau saya kebetulan udah g pake delco om.. distributorless.. tapi logikanya g harus top dulu bisa..
ReplyDeleteom mobil baleno saya keluar asap tebal nge dadak, dan sudah turun mesin tapi masih gt aja sama, apakah valve pcv nya juga ngaruh ... saya cari cari di internet ngaruh ... apakah benar om
ReplyDeleteOm baleno saya sidony mati hidup dan chek engine nyala. Gimana ngatasinya
ReplyDeleteSepertinya si om moww udah ga pake baleno lg om...🤭🤪
DeleteSkedadar tambahan aja klo mau stel celah klep tidak perlu buka ttup timing belt. Cukup roda dpn di dongkrak tinggi naik ke atas. Nanti terliat baut 19 untuk mutar kruk as. Trus delco jg harus di buka. Sambil putar baut 19 itu pakai kunci 19 trus di liat arah rotor delco menuju ke busi no brapa? Klo ke arah busi no 1 brarti top 1. Klo rotor nuju ke arah busi no 4 brarti top 4. Inj buat seting klep baleno yg mnggunakan delco. Trus untuk kerenggangan nya klo mau irit in 20, ex 30. Untuk bongkar coper atas ttup silender. Baleno saya thn 97 saya kasih in 20 ex 30. Co AFR di seting di 2,5v dan tps saya seting di 0,50. Lumayan irit bbm 1litar mampu mnenpuh jarak 15km.
ReplyDeleteMinta nomer wa boleh om? Atau email nomer wa ke saya.. produksi.bogor123@gmail.com
DeleteUntuk mobil yg keluar asap putih tebal mungkin pcv nya udh jelek atau rusak. Punya saya jg kaya gitu. Trus selang yg nuju ke pcv saya ttup mati masukin baut di dlam nya. Alhamdulilah ga ngasap lg. Dan untuk gejala ndut ndutan jg tdak ada lg. Sdh lama di pkai ga ada msalah tanpa pcv lg. Sring di bawa jln jauh touring aman2 aja di jln.
ReplyDeleteBarang kali ada rekan yg mw tanya konsultasi keluhan baleno.
DeleteMonggo, sy pemilik baleno old pekerjaan hoby utak atik mesin baleno. Punya pengalaman prnh endut2an skarang sdh normal 100% endutnya hilang sy utak atik dg ilmu seadanya alhmdulilah berhasil
Mantep om.. Ada chanel youtube atau blog kah?. Boleh donk kita mampir.
DeleteDan untuk yg laen, mohon maap, baleno sudah saya lepas di akhir tahun 2017, jadi saya sudah ndak bisa update lg perbalenoan. Sementara ini saya pegang grand livina gen awal, masih belajar juga ttg mesin nissan ..
Salam
Moww
Saya habis bongkar delco, untuk seal bagian dalam, setelah delco dipasang mobil nggak mau hidup, apakah ketika pasang kembali delco harus di top kan dulu? Kalau iya kira2 langkahnya bagaimana om, mohon pencerahannya.
ReplyDeleteUntuk perbaikan pintu,biar nutup dan bukanya enak,gimna caranya....biar mak mak gitou..
ReplyDeleteSaya mau tanya kpda om2 suhu, sya puny kndala mobil Baleno Bks kabel terbakar, yg mau sya tnyakan msalh warna kabel socket bagian sensor noken as berdasarkan kan urutan🙏🙏🙏
ReplyDeleteMisi om mau tanya....saya baru beli Baleno 97 digigi rendah 1,2,3 jalannya ndut2an ...mohon solusinya om.
ReplyDelete